MEDAN - Ramadhan Fair merupakan even tahunan Pemerintah Kota Medan. Bahkan pelaksanaan even tersebut sudah berjalan sampai edisi ke-15 tahun ini. Selain bersifat syiar Islam, Ramadhan Fair juga bertujuan menggalakkan ekonomi umat di bidang kuliner dan lainnya. Atas dasar kebermanfaatan even tersebut, Calon Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah menilai Pemko Medan perlu menambah titik Ramadhan Fair di sejumlah kecamatan. 

"Kita tahu peminat orang datang ke Ramadhan Fair inikan banyak. Tidak mungkin bisa menampung seluruh masyarakat Medan datang kemari. Alangkah baiknya di beberapa kecamatan even seperti ini bisa dibuat juga," ujar pria yang populer disapa Ijeck, usai melaksanakan Salat Ashar di Masjid Raya Medan, Kamis (24/5/2018).

Menurut Ijeck, Ramadhan Fair yang digelar setiap bulan suci Ramadan oleh Pemko Medan ini memang sangat baik dan positif. Terutama banyak yang menyediakan stand untuk masyarakat yang ingin berbuka puasa bersama keluarga, sahabat dan kerabat. 

"Saya yakin dengan banyaknya titik Ramadhan Fair di sejumlah kecamatan, manfaatnya bisa lebih besar bagi masyarakat sekitar," imbuhnya.

Diketahui, strategi Pemko Medan mengembangkan even Ramadhan Fair di sejumlah kecamatan pernah dilakukan. Hanya saja tidak berjalan efektif dan kembali difokuskan pada satu titik yakni di depan Taman Sri Deli. Menyikapi hal ini, Ijeck mengungkapkan, perlu ada sinergitas dengan Pemprov Sumut agar program dimaksud lebih efektif lagi. 

"Saya yakin dari aspek beban (anggaran) Pemko Medan akan lebih ringan. Tapi yang terpenting kebermanfaatannya bagi masyarakat baik yang berjualan dan berbuka puasa akan semakin meningkat," kata pria yang berlatarbelakang pengusaha itu.

"Saya yakin ini bisa. Yang penting bekerjasama dengan baik dan tujuannya adalah untuk pelayanan kita kepada masyarakat di bulan Ramadan," timpal Ijeck. *