MEDAN - Menjaga kebugaran tubuh agar tetap prima selama Ramadhan memang sangat diperlukan. Sehingga selama melaksanakan rutinitas, ibadah puasa dan ibadah lainnya di bulan yang penuh berkah ini, umat Islam tetap bugar dan maksimal. Lantas apa tips dan cara agar kondisi tubuh tetap terjaga selama Ramadan versi Calon Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah?

"Yang penting itu hatinya. Kalau hati dan niat kita ikhlas, saya yakin beban itu tidak terlampau berat. Walaupun ada rasa capek dan lelah, itukan manusiawi. Alhamdulillah sampai hari ini saya merasa senang saja, apalagi sambutan dan antusias masyarakat Sumatera Utara menerima dengan baik," kata pria yang populer disapa Ijeck usai Salat Ashar di Masjid Raya Medan kepada wartawan, Kamis (24/5).

Diakui Ijeck, selama Ramadhan ini tidak banyak aktivitas kampanye dilakukan secara terbuka, mengingat banyak umat Islam yang sedang menjalankan ibadah puasa. Namun begitu, ia menambahkan tidak mengurangi sedikit pun antusiasnya untuk berinteraksi dengan masyarakat.

"Mudah-mudahan bulan suci Ramadhan tahun ini, penuh berkah bagi seluruh umat beragama, dan setiap pertemuan mendapat ridha dari Allah SWT," ujar ayah empat anak tersebut.

Mengenai makanan dan minuman yang dikonsumsi khusus selama Ramadhan, Ijeck menyebut tidak ada yang khusus dan spesial untuk dikonsumsi.

"Pada saat berbuka saya makan kurma dan air zamzam, dilanjutkan makanan lain dan setelah Tarawih makan lagi sedikit. Pas sahur juga makan seperti biasa dengan memperbanyak sayuran dan buah-buahan serta air putih," pungkasnya.

Diketahui, sampai Ramadan ketujuh, Ijeck yang berpasangan dengan Cagubsu nomor urut satu Edy Rahmayadi tak pernah lelah untuk menghadiri undangan dari berbagai elemen masyarakat. Aktivitas tersebut ia lakukan semata-mata untuk menjaga silaturahmi dan pererat ukhuwah Islamiah sesama umat muslim. Selain mengikuti tabligh akbar di masjid-masjid, suami Sri Ayu itu juga kerap menghadiri undangan buka puasa dan sahur bersama elemen masyarakat.