MEDAN - Istana Maimoon Medan menggelar program buka bareng atau “BukBer Ala Istana”. Program ini merupakan satu program perdana yang dilaksanakan oleh Yayasan Sultan Ma‘moen Al Rasyid (YASMAR) selaku pengelola Istana. Menurut, Tengku Dicky, Kabid IT YASMAR bahwa program ini diadakan untuk meningkatkan lagi promosi kunjungan wisata ke Istana Maimoon khususnya sepanjang bulan Ramadhan ini.

Disamping itu juga menurut

nya program ini memberikan peluang kepada wisatawan lokal ataupun asing untuk menikmati suasana berbuka puasa di Istana dengan berbagai macam hidangan tradisional khas Melayu Deli yang juga dimasak oleh keluarga dari Istana Maimoon sendiri.

“Program ini tidak setiap hari diadakan, melainkan hanya akan dibuat apabila kuotanya mencukupi, yakni minimal 20 orang dengan harga paket Rp185.000 per orang. Dengan membeli paket tersebut tamu akan dapat menikmati makanan khas melayu yang gak pernah di jual di Medan ini dengan 25 jenis makanan khas Melayu tersebut,” katanya saat dijumpai di Istana Maimoon, Sabtu (19/5/2018).

Adapun menu pilihan yang ditawarkan yakni makanan khas Melayu yakni Bubur Pedas Melayu Deli dengan kaya akan rempah seperti temu kunci, temu lawak, kunyit, daun buas-buas, daun semangkok, daun kunyit dan banyak lagi.

Lalu ada menu makanan seperti Roti Jala Kari Kambing, Nasi Tomat, Kurma Kambing, Nasi Briyani, Kari Kambing, Pajri Nanas. Lalu ada takjil berupa manisan (halwa), Kue Rasidah, Kue Tumpur Banda, Es Asam Kasturi, Buah segar, dan lainnya.

“Paket BukBer A la Istana ini telah mendapat respon dari segelintir pengunjung Istana beberapa hari terakhir melalui brosur yang dipajang di sana khususnya para pegawai bank dan swasta, turis-turis asing seperti dari negara Malaysia dan Brunei Darussalam, dan para komunitas yang tertarik untuk berbuka puasa bersama di Istana Maimoon,” ucapnya.

Bagi yang ingin merasakan menu pada paket ini bisa memesannya dari 3 hari sebelumnya pada jam kerja tepatnya 17.30. Program buka puasa ini akan berakhir pada 25 Ramadan tepatnya 10 Juni 2018. Bagi pengunjung yang memesan paket ini juga bisa shalat tarawih di dalam Istana Maimoon.

Ditambahkan Ketua Umum YASMAR, Tengku Reizan semoga program ini dapat menjadi satu tarikan yang baru di Kota Medan selama bulan Ramadhan, melalui menu yang dihidangkan para tamu juga dapat belajar mengenai Makanan Tradisional Khas Melayu Deli.

“Sebab dengan turut membeli Paket BukBer AIa Istana ini tamu juga turut berpartisipasi dalam melestarikan Istana Maimoon,” pungkasnya. *