JAKARTA - Klub Persija Jakarta tidak hanya mengubah waktu latihan selama bulan Ramadan berlangsung. Klub Macan Kemayoran juga menjaga ketat pola makanan para pemainnya agar bisa tampil optimal saat pertandingan Liga 1. Bila pada sebelumnya para pemain Persija berlatih sore hari. Kini, armada Stefano Cugurra mulai menggelar sesi latihan setelah menunaikan ibadah salah tarawih di Lapangan Sutasoma Halim Perdanakusuma.

Dokter tim Persija Donny Kurniawan, menekankan Ismed Sofyan dan kawan-kawan agar mengkonsumsi air putih dan makanan yang mengandung indeks glikemiknya tinggi. Ini untuk mengembalikan energi selepas berpuasa. 

Selain itu, Donny menyebut puasa bukanlah halangan bagi para pemain Persija. Makanya, ia menginginkan timnya tetap beraktivitas seperti biasa dan tidak malas-malasan saat siang hari.

"Pengaturan menu sudah terstandar jadi tidak banyak perubahan sehingga apapun situasinya kami hanya mengatur komposisi latihan dan waktu latihan disesuaikan dengan jumlah makanan yang didapat," ucap Donny.

"Jam latihannya pun disesuaikan artinya ketika buka jam berapa ada fase dimana mengolah makanan itu menjadi energi dan sehingga latihan tidak terlalu mepet dengan waktu berbuka," tambahnya.***