PALAS - Surat suara Pilkada Kabupaten Padang Lawas sudah dicetak oleh pihak PT Pura Barutama Kudus selaku pemenang lelang e-Katalog Itemized KPU RI. Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Padang Lawas, Syarifuddin Daulay melalui Komisioner Divisi Keuangan dan Logistik Rahmad Effendi Siregar mengatakan, surat suara yang dicetak itu sesuai ketentuan DPT ditambah 2,5 persen sejumlah 159.928, ditambah 2000 persiapan surat suara Pilkada ulang.

Menurut Rahmad, surat suara itu dicetak pada Kamis (17/5/2018) kemarin oleh PT.Pura Barutama Kudus, dan selanjutnya surat suara tersebut akan dikirim via PT. Pos pada Sabtu (19/5/2018) ke KPUD Kabupaten Padang Lawas.

"Setelah surat suara tersebut sampai di Palas, kita akan segera mengadakan identifikasi, sortir dan pelipatan surat suara sehingga akan diketahui apabila ada surat suara yang cacat, rusak atau kurang," terangnya.

Setiap armada pembawa surat suara itu, kata dia, akan dikawal aparat penegak hukum. Hal ini untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan.

"Ukuran surat suara yang dicetak nanti berukuran 18x23 centimeter, dimana terdiri dari bagian horizontal dan vertikal. Rencananya KPU akan mencetak surat suara sebanyak jumlah DPT ditambah 2,5 persen," kata Rahmad.

KPUD Palas berharap, proses pengiriman surat suara, penyortiran dan pelipatan bisa berjalan dengan baik, sehingga semua bisa berjalan lancar dan tidak mengganggu tahapan pilkada Palas dalam mensukseskan Pilkada serentak 2018 khususnya di Kabupaten Palas.