MEDAN - Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah telah melaksanakan ibadah puasa Ramadan sejak dua hari lalu. Berdasarkan hitungan di tarikat ini, 1 Ramadan 1439 H jatuh, Senin (14/5) lalu. "Iya, kami sudah melaksanakan puasa Senin semalam, hari ini sudah hari kedua kita melaksanakan ibadah puasa Ramadhan," kata jemaah Naqsabandiyah Al Kholidiyah di Medan, Billy.

Selain telah melaksanakan ibadah puasa, jemaah Naqsabandiyah Al Kholidiyah juga menggelar ibadah shalat tarawih di rumah suluk tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah di Jalan Kongsi Gang Leman Harahap, Mariendal, Deli Serdang.

Lebih lanjut, Billy menjelaskan, penetapan berdasarkan acuan Alquran dan hadits. Penghitungan dari kalender hisab qamariah.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, awal Ramadan maupun 1 Syawal yang ditetapkan Tarekat Naqsabandiyah Kholidiyah lebih cepat dari pemerintah.

Tarekat ini berpusat di Pondok Pesantren Bandar Tinggi, Simalungun, dan jemaahnya tersebar dari berbagai daerah di Indonesia, namun paling banyak dari Sumatera Utara.***