MEDAN - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr Ir HT Erry Nuradi MSi mengucapkan selamat datang kepada Kolonel Pnb Dirk Poltje Lengkey, selaku Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Soewondo yang baru. Diharapkan dapat bersinergi menjaga keamanan dan kenyamanan di Sumatera Utara (Sumut), khususnya menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2018 dan Pilpres 2019.

“Sebagaimana dengan Kolonel Pnb Daan Sulfi dulu, saya mengajak Komandan Lanud Soewondo yang baru Kolonel Pnb Dirk Poltje Lengkey, selain bisa beradaptasi dengan cepat di Sumut, juga mengajak bersinergi menjaga keamanan dan kenyamanan di Sumut, khususnya menjelang Pilkada tahun ini dan Pilpres 2019,” kata Gubsu Erry Nuradi ketika menghadiri acara pisah/sambut Danlanud Soewondo dari Kolonel Pnb Daan Sulfi SSos MSi MHan kepada Kolonel Pnb Dirk Poltje Lengkey, Selasa malam (15/5) di Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman Medan.

Gubsu menyampaikan, masyarakat Sumut memiliki ciri khas terbuka, kritis dan dinamis, namun mempunyai nilai kekerabatan dan rasa hormat yang tinggi. Juga mau bekerjasama  dengan siapa saja yang mengabdi, demi pembangunan bangsa dan negara, khususnya di Sumut.

Proses penggantian pejabat pada dasarnya merupakan hal yang wajar dalam setiap sistem organisasi sebagai upaya penyegaran penyelenggaran tugas dan jenjang karir. “Bagi kami pengantian jabatan ini mengandung makna tersendiri, mengingat keberadaan Pangkalan Udara (Lanud) Soewondo sangat strategis dalam menunjang operasional TNI AU, terutama di Sumut yang kondisi geografisnya merupakan kawasan lintas internasionalnya yang berbatasan langsung dengan beberapa negara tetangga,”ujarnya.

Karena itu, menurut Gubsu, kondisi geografis ini tentunya memerlukan pimpinan Lanud Soewondo yang handal dan berkualitas demi menjaga teritorial. Tugas Lanud Soewondo dalam mengamankan wilayah udara tidaklah ringan, sehingga untuk dapat mewujudkan semua sasaran tugas pokok dan tugas-tugas lainnya itu diperlukan upaya peningkatan kegiatan secara konseptual dan berlanjut di bawah komandan masing-masing pimpinan yang handal dan berkualitas.

Kepada Kolonel Pnb Daan Sulfi, yang kini bertugas di Wintaruna tempat pendidikan TNI AU untuk taruna baru, Gubsu mengucapkan terimakasih atas kerjasama yang baik selama ini. "Selamat bertugas di tempat yang baru," ujarnya.

Sementara itu,  Daan Sulfi mengatakan, selama bertugas di Sumut sejak tahun lalu merasa memiliki keluarga sendiri di daerah ini. Meski awalnya kultur dan kebiasaan masyarakat Sumut cenderung keras, ternyata memiliki rasa kekeluargaan yang cukup erat dan kuat.

“Awalnya kita terkejut ketika berada di pusat perbelanjaan, tapi setelah kita ketahui begitulah kultur di sini, tapi saya kagum dengan rasa kekeluargaan dan persaudaraan masyarakat di Sumut, sebab meski memiliki keberagaman suku  dan agama, tapi tetap menjaga kerukunan sesama,” katanya.

Komandan Lanud  Kolonel Pnb Dirk Poltje Lengkey mengatakan siap bekerjasama dengan Forkopimda Sumut untuk menjaga dan  kenyamanan masyarakat di Sumut. Untuk itu, dia berharap kepada Gubsu agar bisa bersama dan memberi masukan, serta saran untuk kedepannya dalam pembanguanan di Sumut.

Turut hadir dalam acara itu dari Forkopimda Sumut diantara Pangkosek Hanudnas  Marsma Tri Bowo Budi Santoso, yang mewakili Kapoldasu, mewakili Pangdam I BB, mewakili Danlatamal Belawan, dan yang mewakili Kajatisu.***