UNIVERSITAS Syiah Kuala bersama enam perguruan tinggi di Aceh melakukan penandatangan kerja sama program Perguruan Tinggi Asuh (PT Asuh) di Ruang Balai Senat Gedung Rektorat Unsyiah, Selasa (15/5/2018). Kerja sama ini, nantinya Unsyiah akan bertugas membantu dan membimbing enam perguruan tinggi tersebut untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan akreditasi.

Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M), Prof. Dr. Adlim, M.Sc, mengatakan Unsyiah terpilih bersama 29 universitas lainnya di Indonesia untuk menjalankan program PT Asuh dari Kemenristekdikti. Ia menyebutkan ada enam kampus dengan 20 program studi yang menjadi asuhan Unsyiah di tahun 2018. Kampus tersebut adalah Universitas Iskandar Muda, Universitas Gajah Putih, AMIKI Banda Aceh, STIE Nasional Lhokseumawe, STIA Nasional Lhokseumawe dan STKIP Bina Bangsa Meulaboh.

Rektor Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng, berkomitmen untuk terus mengasuh seluruh perguruan tinggi di Aceh. Sebab menurutnya ini merupakan kewajiban Unsyiah sebagai perguruan tinggi terbesar dan tertua di Aceh. Ia menambahkan dalam program ini, Unsyiah hanya bisa mengajak dan membimbing langkah-langkah yang harus dilakukan oleh universitas bersangkutan untuk peningkatan kualitas pendidikan.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Program Asuh PT Unggul 2018, Dr. Ir. M. Aman Yaman, M.Agric.Sc, menjelaskan tujuan program ini untuk mendorong proses peningkatan mutu perguruan tinggi dalam mencapai akreditasi terbaik. Program ini nantinya berupa lokakarya, magang, serta bimbingan teknis (bimtek). Ia berharap partisipasi aktif dan sinergitas dari semua kampus yang terlibat demi kesuksesan program PT Asuh.