MEDAN - Para ulama dan tokoh umat Islam serta ormas Islam Sumatera Utara sepakat untuk memenangkan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut Nomor 1, Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah pada Pilgubsu 27 Juni 2018. Umat Islam pun diimbau tidak golput.

Tokoh Nasional asal Sumatera Utara yang juga Mantan Menteri Sosial RI, Bachtiar Chamsyah, tampak hadir dalam silaturahmi Alim Ulama Sumut dan Medan, Cendikiawan Muslim, Pimpinan Ormas Islam Serta Pimpinan Ponpes  Di Gedung Majelis Talim Jabal Noor, Jl.Ngalenko No.13 Medan Minggu (13/5/2018).

Bachtiar mengaku senang hadir dan berkumpul dengan para tokoh penggerak dakwah. Dikatakan Bachtiar, tantangan para pendakwah saat ini kerap dipandang sebagai ekstrem, intoleran, tidak nasionalis, bahkan yang lebih ekstrem lagi tidak cinta tanah air.

"Bahkan kita bisa terpleset jika kita melanggar konstitusi. Pertanyaannya siapa yang membuat konstitusi itu. Pemerintah dan DPR yang membuatnya. Makanya kekuasaan itu harus direbut sesuai jalur yang ada," ujarnya. 

Bachtiar pun mencontohkan perjuangan keras dan disertai doa oleh umat Islam memenangkan Pilkada DKI.

"Kita tidak bisa hanya berdoa saja tapi harus bergerak. Karena kebenaran akan mengalahkan kebatilan jika terorganisir. Begitupun sebaliknya, Kebatilan bisa menang jika melawan kebenaran yang tidak diorganisir. Allah SWT tidak akan memberikan kemenangan tanpa kita berjuang," ujarnya.

Sementara, tokoh organisasi Islam Sumut, Masri Sitanggang dalam Kongres Umat Islam Sumatera Utara (Sumut) menghasilkan empat point keputusan, yaitu: Ukhuwah, Penguatan Peran Politik Umat Islam, Penguatan Sosial Ekonomi Umat Islam, dan Penguatan Peran Wanita Islam.

Untuk penguatan bidang politik, ditegaskan Masri, umat Islam harus merebut kekuatan politik atas sampai ke bawah secara konstitusional.

Makanya, Masri mengingatkan agar tidak boleh lagi umat Islam yang buta politik, tidak golput karena demokrasi merupakan jalur untuk merebut kekuasaan.

"Dalam waktu dekat ini kita akan menghadapi Pilgubsu. Kita harus memilih pemimpin dari umat Islam dan berpihak kepada Islam. Dan kita yakin calon kita pak Edy dan Bang Ijeck memenuhi keduanya," tegas Masri. 

Menurut Masri, umat Islam harus menggerakan politik tapi berdasarkan aqidah. Terkait hal ini secara disampaikan dalam Surat Al Maidah dan An Nisa.

Hadir dalam kegiatan tersebut para alim ulama dan tokoh nasional diantaranya mantan sosial Bachtiar Chamsyah, Dr Rahmat Shah, Pimpinan Majelis Taklim Jabal Noor Medan,  KH Zulfiqar Hajar, Ketua MUI Medan  Prof. Dr. H. Muhammad Hatta, Ketua DPW Lembaga Dakwah Islam Indonesia Sumut, Ir. H. Agus Purwanto, dan Ketua ICMI Muda Medan Dr Ridho Syahputra Manurung. 

Sementara itu, Edy Rahmayadi mengaku senang bisa bersilaturahmi dengan para ulama, tokoh masyarakat dan pimpinan Ormas Islam. Edy pun menyampaikan harapan dan doa para ulama dan masyarakat agar niatnya memimpin Sumut dimudahkan Allah. 

"Saya berharap guru-guru saya tidak meragukan dua kalimah syahadat saya. Mohon doanya dari guru-guru saya sekalian," ujar Edy. *