TAPSEL – Sebanyak 67 Kepala Desa (Kades) terpilih dilantik Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), H Syahrul M Pasaribu, di Gedung Serbaguna Sarasi Perkantoran Bupati Tapsel, Jalan Prof Lafran Pane - Sipirok, Senin (14/5/2018). Bupati Tapsel H Syahrul, M Pasaribu dalam sambutannya mengatakan, pemilihan kepala desa sebagai momentum memperkuat partisipasi masyarakat dan konsolidasi demokrasi. Di mana, masyarakat mempunyai peran penting dalam menentukan arah kebijakan pemerintahan desa sesuai dengan kebutuhan.

"Kepala desa sebagai pimpinan penyelenggaraan pemerintahan desa, diharapkan menjadi figur yang peka terhadap segala sesuatu yang terjadi di masyarakat untuk mewujudkan tatanan kehidupan yang sehat, cerdas dan sejahtera,” jelasnya.

Syahrul juga mengucapkan selamat atas dilantiknya kades yang terpilih dan baru diambil sumpah saat dilantik. Dia juga meminta seluruh kades harus segera menyesuaikan diri dengan tugas-tugasnya.

"Kades terpilih harus mempelajari, memahami dan melaksanakan semua peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang desa, terutama yang berkaitan dengan tugas, wewenang, kewajiban, hak kepala desa dan bekerjalah dengan benar, jujur dan ikhlas," pintanya

Bupati mengharapkan, kepala desa harus dapat menjalankan amanat Peraturan Menteri Desa PDT dan Transmigrasi Nomor 19 Tahun 2017 Tentang Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa, diantaranya untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan dibidang pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa.

“Kepala Desa terpilih harus bisa menjaga situasi yang kondusif dengan menjalankan tugas yang penuh dengan tanggungjawab dan transparan, sesuai dengan harapan masyarakat desa. Laksanakan tugas-tugas kepemerintahan dengan baik, kepemimpinan dengan baik, pembinaan masyarakat dengan baik, dan berdayakan masyarakat dalam pembangunan,” pungkasnya.

Hadir dalam pelantikan tersebut, Ketua DPRD Tapsel H. Rahmat Nasution, Wakil Bupati Tapsel H. Aswin Efendi Siregar, perwakilan Dandim 0212/TS, perwakilan Kajari, Ketua Komisi I DPRD Kab.Tapsel Armeini Batubara, Sekdakab Tapsel Parulian Nasution, para Asisten, Staf Ahli Bupati, kepala OPD, Camat, Kades terpilih, Pengurus TP PKK, Ketua Dharma Wanita, pimpinan Ormas, OKP, masyarakat simpatisan dan keluarga Kades terpilih.

Sebagaimana yang diketahui, 67 Kades tersebut terpilih itu merupakan hasil akhir Pilkades serentak di Kabupaten Tapsel yang berlangsung pada 23 April 2018 lalu. Dimana, sebanyak 235 calon kepala desa saat itu bertarung untuk memperebutkan 67 jumlah kursi kepala desa.