LANGKAT - Dua pekan lalu petani semangka berwajah murung akibat harga jual semangka yang dipanen hanya Rp 800/kg untuk semangka biji, dan Rp 1.800/kg untuk semangka non biji. Kini, mereka tersenyum dengan harga jual semangka yang mereka panen naik menjadi Rp 1.300/kg untuk semangka biji.dan Rp 3.250/kg untuk semangka non biji.

"Harga jual semangka naik. Semalam panen dibeli penampung Rp 3.250/kg semangka non, dan Rp 1.300/kg untuk semangka biji," kata Darma Wisata, petani semangka saat ditemui di lahan pertaniannya di Jalan Khatib Darus, Kelurahan Pekan Gebang, Kecamatan Gebang, Kabupaten Langkat.

Ditemui terpisah, Asniar, petani semangka di Parit 2, Desa Pasar Rawa, Gebang yang sedang panen semangka, imengaku senang dengan naiknya harga jual semangka.

"Memang kita tak tanam semangka non, hanya tanam semangka biji, kata pedagang penampung, hari ini mereka beli Rp1.300/kg," akunya.

Pantauan di kalangan pertanian semangka, diprediksi pekan pertama puasa Ramadan mendatang bakal banjir semangka. Kalangan petani berharap cuaca tetap panas dan cerah, serta harga tidak turun.

"Mungkin seminggu puasa kami.sudah panen, serentak pula ini, banyak yang panen, dan diharapkan harga jual tidak anjlok," sebut Parma, petani semangka di Gebang.***