TOBASA - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian Toba Samosir (Tobasa), Sahat Manullang, menyebutkan, kentang akan dijadikan tanaman strategis di Kabupaten Tobasa. Pasalnya tanaman ini dianggap sebagai salah satu pendukung majunya kepariwisataan.

"Kentang merupakan salah satu jenis komoditi pertanian yang dapat kita andalkan mendukung keparawisataan kita nanti sebab, beberapa negara menjadikan kentang sebagai makanan utama, atas ketersediaannya di daerah kita maka negara dimaksud tidak enggan mendatangi daerah kita," terangnya di Tampahan.

Saat itu, dia sengaja datang meninjau bagaimana realisasi bantuan bibit yang diberikan kepada kelompok tani di Desa Gurgur Aekraja. Dalam kunjungannya itu dia menyampaikan, agar petani tetap konsisten untuk pengembangan jenis tanaman kentang tersebut.

Dia juga mengimbau kepada petani supaya tetap tekun dalam bertani karena sudah menjadikannya sebagai penghasilan utama.

Para petanai juga memberikan apresiasi kepada pemerintah setempat atas dukungan yang diberikan kepada petani, khususnya petani kentang. Dengan adanya dukungan dari pemkab, para petani di Desa Gurgur Aekraja, Kecamaan Tampahan, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), mengakui mulai bergairah.

"Terimakasih untuk Pemkab Tobasa telah memberi peluang bagi kami petani untuk menggeluti jenis tanaman kentang ini," ujar seorang petani, Rudi Simanjuntak.

Dia mengatakan, keinginan untuk membudidayakan kentang adalah atas dorongan pemerintah daerah dan pihak BPPPT Kebun Percontohan Gurgur yang telah menyediakan bibit unggul jenis kentang, karena itu, disampaikan dia, rasa terimakasihnya karena jenis tanaman itu sangat cocok baik dari sisi kesuburan tanah maupun iklim.

"Semangat, hanya itu yang dapat kami sampaikan," katanya dengan menyebut luas lahan pertanian untuk jenis kentang yang dimiliki seluas 30 rante dan seluruhnya tumbuh secara baik dan menunggu masa panen.

Sementara Lisda Simangunsong, pemilik lahan 23 rante itu dan dijadikan sebagai pembudidayaan tanaman jenis kentang kini sudah memasuki tahap berbunga sekaligus menuju pembuahan.

"Sebelumnya kami tak ada niat untuk pengembangan tanaman kentang tetapi karena dorongan Dinas Pertanian ternyata hasilnya cukup bagus," ucapnya seraya berharap disaat panen nanti harga berpihak kepadanya. ***