TAPSEL - Guna mengetahui kondisi ruas jalan menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 1439 H, Kapolres Tapanuli Selatan, AKBP Mohammad Iqbal dalam waktu dekat akan turun ke wilayah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) dan Padang Lawas (Palas), untuk meninjau langsung kondisi jalan di dua Kabupaten tersebut. Peninjauan jalan nasional, provinsi maupun kabupaten ini, kata Kapolres, merupakan bagian dari pemetaan kondisi ruas jalan di wilayah hukum Polres Tapsel menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 1439 H. Hal ini dirasa penting karena, baik buruknya kondisi ruas jalan sangat berpengaruh terhadap kelancaran, kenyamanan, keamanan maupun keselamatan para pengguna jalan.

"Kita harus aktif meninjau kesiapan kondisi jalan menyambut bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini. Sebab, kenyamanan maupun keselamatan para pengguna jalan merupakan bagian dari tanggung jawab Polisi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," tutur Iqbal saat di temui di Mapolres Tapsel, Kamis (10/5/2018) siang.

Seperti diketahui, wilayah Kabupaten Paluta dan Palas merupakan jalur yang menghubungkan Provinsi Sumut dan Provinsi Riau. Sehingga, dapat dibayangkan volume kendaraan baik pribadi, umum, perusahaan (Pabrik) mulai dari kecil hingga truk-truk besar melintasi wilayah ini, terlebih-lebih di saat Hari Raya Idul Fitri. Tak sedikit para perantau yang akan pulang ke kampung halamannya, termasuk perantau dari pulau Jawa memilih jalur melewati Paluta dan Palas menuju wilayah Sumatera Utara maupun sebaliknya. Untuk itu, kesiapan kondisi ruas jalan jauh-jauh hari perlu diperhatikan demi kelancaran arus kendaraan, kenyamanan dan keamanan pengendara serta meminimalisasi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Iqbal melanjutkan, dari hasil peninjauan dan pemetaan tersebut, adanya ruas-ruas jalan yang rusak baik ruas jalan Nasional, Provinsi maupun Kabupaten, pihak Polres Tapsel akan melaporkan hal itu (jalan rusak) ke dinas-dinas baik Pusat, Provinsi dan juga Daerah dengan cara menyurati dan juga melampirkan foto maupun titik kordinat lokasi agar segera mendapat perhatian untuk diperbaiki.

"Apabila kita menemukan ruas jalan yang rusak baik Nasional, Provinsi dan Daerah, kita akan berkordinasi dengan pihak-pihak terkait dengan cara menyuratinya dan melampirkan dokumentasi foto maupun titik lokasi jalan agar segera diperbaiki oleh pemerintah. Saya berharap agar pemerintah Pusat, Provinsi dan Daerah segera melakukan tindakan perbaikan maupun perawatan jalan yang rusak demi kelancaran, kenyamanan, keamanan dan keselamatan pengguna jalan," jelas Kapolres.