LABUHANBATU - Pendidikan adalah nomor satu. Dengan adanya pendidikan, kita dapat membangun bangsa. Tentunya dunia akan hancur lebur tanpa adanya peranan guru yang menjadi pahlawan tanpa tanda jasa.
Demikian disampaikan Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Panai Hulu, Sri Witono pada kegiatan pentas seni dan purna siswa tahun ajaran 2017-2018, Selasa (8/5/2018) pagi di halaman sekolah tersebut.

Menurut Kepsek, USBN yang digelar pada 23-26 April 2018 kemarin, terbilang sukses. Hal ini tak lepada dari kesolidan tim work dewan guru sebagai panitia.

"Dan sampai saat ini, SMP 1 Negeri Panai Hulu tetap solid selama kurang lebih dua tahun kita bersama. Masih banyak lagi hal-hal yang perlu kita tingkatkan," bilangnya.

"Perlu kita sampaikan bahwa tahun ajaran 2017-2018 siswa-siswi kita berjumlah 172, jadi keberhasilan anak kita bukan ditentukan tingkat pusat. Keberhasilan sekolah adalah tolak ukur yang perlu dibangun adalah pendidikan budi pekerti, disiplin, prestasi," timpalnya.

Dia pun meminta bagi siswa yang akan melanjutkan perjalanan pendidikan ke tingkat selanjutnya untuk memilih sekolah yang terbaik.

"Karena akan menentukan kualitas dirimu. Saya mengucapkan selamat berpisah bagi siswa dan siswi kelas 3 yang akan segera lulus, mungkin banyak ditemukan kekurangan kami sebagai tenaga pendidik, mohon kami dimaafkan dan bawalah setiap yang baik yang kamu terima untuk melanjutkan pendidikan nantinya," ungkapnya.

Di tempat yang sama, KUPT Dinas Pendidikan Kecamatan Panai Hulu, M. Ritonga turut menyampaikan terima kasih kepada semua dewan guru yang telah mendidik anak-anak dengan baik selama 3 tahun ini.

"Sebagai abdi negara, kami menyampaikan mohon maaf atas tindakan mungkin dari beberapa murid yang melakukan kelalaian, kami masih terus berharap doa dan dukungan para guru di tempat ini," sebutnya.

Selaku KUPT, dirinya merasa bangga dengan kepemimpinan Sri Witono selama menjabat sebagai kepala sekolah. Banyak kemajuan dalam proses belajar mengajar yang telah dilakukannya bersama dewan guru yang lain.

"Bangga melihat kegiatan purna siswa ini. Kiranya ini adalah suatu kegiatan yang indah untuk dibawa anak-anak kita untuk melanjutkan pendidikan. (Tetaplah menjunjung tinggi kedisiplinan). Ini adalah sebagai pemicu anak-anak kita menjadikan jati dirinya dan belajar menyipkan mereka sebagai calon pemimpin yang disiplin. Kami juga berharap kepada orangtua, wali murid, untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah ini," pintanya.

Pada purna siswa ini tampak hadir Kepsek Negeri 2 Ali Berto Manalu, dan beberapa kepsek Sekolah Dasar terdekat, tokoh agama, tokoh masyarakat, Slumni SMP Negeri 1 Panai Hulu dan para orangtua wali murid.