TAPSEL - Kondisi jalan nasional yang berada di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) sangat memprihatinkan. Pasalnya, hingga saat ini masih banyak jalan nasional yang mengalami kerusakan. Amatan wartawan, Senin (7/5/2018) pagi, kondisi jalan nasional lintas tengah tepatnya di Kecamatan Angkola Timur, Kabupaten Tapsel tampak dipenuhi lubang. Tidak hanya berlubang, kondisi jalan di kawasan tersebut juga bergelombang. Alhasil, para pengendara yang melintasi kawasan mulai dari Desa Palsabolas hingga Kelurahan Pargarutan terlihat sangat berhati-hati.

Tidak hanya di Kecamatan Angkola Timur, kondisi jalan rusak juga terlihat di daerah Batu Jomba, Desa Luat Lombang, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapsel hingga ke perbatasan Kabupaten Tapanuli Utara (Taput). Parahnya, di kawasan ini kondisi jalan jauh dari kata layak. Bagaimana tidak, jika di kawasan Kecamatan Angkola Timur kondisi jalannya hanya berlubang dan bergelombang, di Batu Jomba kondisi jalannya tidak beraspal lantaran badan jalan sering longsong. Para pengendara yang melintasi kawasan tersebut tampak memperlambat laju kenderaannya guna menghindari kecelakaan.

Bukan hanya di dua kecamatan tersebut, kondisi jalan nasional yang mengalami kerusakan juga terdapat di Kecamatan Angkola Barat. Hanya saja, konsidi jalan di Kecamatan Angkola Barat tidak separah di Kecamatan Angkola Timur dan Kecamatan Sipirok. Pasalnya, kondisi jalan di Kecamatan Angkola Barat hanya mengalami berlubang. Dan hanya terdapat di beberapa titik seperti halnya di Desa Sigumuru.

Sementara, di Desa Parsalakan, kondisi jalannya sudah mulai membaik lantaran telah di tambal sulam.

Melihat hal tersebut, Kapolres Tapsel AKBP Mohammad Iqbal sangat menyesalkan masih banyaknya kondisi jalan nasional yang mengalami kerusakan di wilayah hukumnya. Pasalnya, selain mengakibatkan kemacetan, kondisi jalan tersebut juga mengancam keselamatan para pengendara.

"Kita sangat menyesalkan dan menyayangkan melihat kondisi jalan nasional di wilayah kita masih banyak yang mengalami kerusakan. Sebab, akibat kerusakan tersebut bisa berdampak buruk pada pengendara yang melintas seperti halnya kecelakaan," tuturnya.

Iqbal berharap untuk kelancaran arus mudik lebaran tahun ini agar Balai Besar Jalan Nasional Sumut dan KementerianPekerjaan Umum segera melakukan perbaikan jalan lantaran kondisinya sangat memprihatinkan.

"Kita minta demi kelancaran mudik lebaran supaya jalannya diperbaiki," pungkasnya.

Terakhir, selain jalan nasional, Kapolres juga mengharapkan pemerintah Provinsi Sumatera Utara agar memperhatikan kondisi ruas jalan Provinsi khususnya yang mwnhubungkan wilayah Kecamatan Arse, Saipar Dolok Hole (SDH) dan Aek Bila. Sebab, seperti yang terlihat kondisi jalan tersebut saat ini dalam keadaan berlobang bergelombang bahkan tebing jalan disaat hujan dapat mengakibatkan longsor.

"Jalan yang menghubungkan tiga wilayah kecamatan di Kabupaten Tapsel yakni Kecamatan Arse, Saipar Dolok Hole dan Aek Bila juga butuh perhatian khusus dari pemerintah Provinsi. Sebab, seperti yang saya saksikan sendiri dan berdasarkan laporan dari masyarakat yang sedang melintas," akhir Kapolres. *