MEDAN - Ribuan orang memadati Festival Budaya Jepang atau Bunkasai USU 2018 yang digelar di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sumatera Utara (USU). Festival Budaya Jepang atau Bunkasai USU kembali digelar di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sumatera Utara (USU) pada 4-6 Mei 2018.

Salah satu daya tarik para pengunjung dalam festival ini adalah orang-orang yang mengenakan kostum tokoh kartun (anime) Jepang atau cosplayer.

Cosplay-cosplay dalam ikut memeriahkan Bunkasai USU 2018 antara lain tokoh anime Naruto seperti Sasuke, Itachi, Kamen Raider dan serta cosplay superhero dan game.

Ahmad Rizky Pratama, salah seorang pengguna cosplayer Bunkasai USU 2018, mengaku hadir dalam festival ini karena mengikuti lomba cosplay yang digelar oleh pihak penyelenggara.

"Untuk mengikuti lomba ini saya memakai kostum Warrior dari game Dragon Nest. Saya mempersiapkan kostum ini sekitar 2-4 pekan," kata pemuda berusia 20 tahun itu.

Pria yang sering disapa Key ini mengungkapkan motivasinya untuk mengikuti lomba cosplay karena suka dengan hal yang berkaitan Jepang, termasuk anime dan game.

"Selain itu motivasi saya ikut lomba ini agar bisa menjadi yang terbaik demi tampil di lomba cosplay tingkat nasional dan bercita-cita tampil di tingkat dunia," sebutnya.

Selain cosplay, beberapa stand dalam festival ini yang ramai didatangi pengunjung adalah replika pohon sakura, stand bazar game, stand aksesoris dan sebagainya.

Hasbi, salah seorang pengunjung Bunkasai USU mengaku sangat antusias dengan festival yang digelar rutin setiap tahun itu.

"Karena even ini adanya cuma setahun sekali, maka wajib hukumnya bagi saya untuk mengikutinya, terlebih saya senang dengan hal-hal berbau Jepang seperti anime dan manga," ucapnya.***