MEDAN - Ketua Majelis Dikti dan Litbang PP Muhammadiyah, Lincolin Arsyad melantik Dr. Agussani MAP sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) periode 2018-2022. Pelantikan ini dihadiri Ketua Umum PP Muhammadiya Dr. Haedar Nashir dan ketua Kopertis I Prof Dian Armanto serta unsur PPM lainnya, Pejabat Forum Komunikasi Pemerintahan Daerah, para Rektor, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah dan Aisyiyah Sumut dan para mitra UMSU, di Auditorium UMSU, Jalan Mukhtar Basri Medan, Kamis (3/5/2018).

Acara diawali dengan pembacaan SK PP Muhammadiyah tentang pengangkatan Rektor UMSU yang dilakukan oleh Sekretaris PP Muhammadiyah, Dr Agung Danarto.

Ketua umum PP Muhammadiya Dr Haedar Nashir pada kesempatan itu berpesan agar Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM), khususnya UMSU dapat menjadi perguruan tinggi yang mampu membawa perubahan sosial.

“Muhammadiyah didirikan oleh KH Dahlan dengan misi membawa perubahan sosial yang lebih maju. Hal ini harus terus kita galakkan, khususnya di kalangan PTM,” kata Haedar seperti dihimpun GoSumut.

Selain itu, dijelaskannya, PTM juga harus menjadi pusat pemikiran.

“Sudah saatnya bangsa ini kedepan memerlukan arah perjalanan yang jelas, sesuai dengan cita-cita pendiri bangsa, yakni membangun bangsa Indonesia yang merdeka, adil, makmur, dan berkeadilan, PTM harus mampu mewujudkan cita-cita tersebut,” jelas Haedar.

Selain itu, orang nomor satu di PP Muhammadiyah ini juga berpesan agar UMSU dapat menjadi pusat pencerahan yang bukanlah hanya sekadar istilah dan diksi yang retorik.

“Negara barat dapat maju hingga sampai saat ini karena adanya gerakan pencerahan. Kampus sebagai pusat pencerahan harus mampu melahirkan generasi yang memiliki nilai religuisitas, cerdas berilmu, dan juga melahirkan generasi yang memiliki solidaritas yang baik,” papar Haedar sembari menambahkan diperlukan karakter bangsa dari generasi baru yang inovatif dan profesional sehingga mampu bersaing dengan bangsa lain.

Pada bagian akhir, Haedar mengatakan, sikap wasathiyah, moderat, dan pluralisme harus terus kita praktekan untuk membangun peradaban.

“Bangkitkan masyarakat kita untuk melakukan perubahan sosialnya sendiri. Karena, perubahan nasib suatu masyarakat tergantung dengan bagaimana masyarakat itu mau berusaha untuk berubah ke arah yang lebih maju,” tandasnya.

Semantara itu, dalam kesempatannya, Dr. Agussani MAP usai dilantik menyampaikan janji pelantikan yang berisi lima butir janji, diantaranya ; Menjunjung tinggi petunjuk Allah sesuai Al Quran dan Sunnah; Mematuhi perundang-undangan dan ketentuan yang berlaku di perguruan tinggi; Berpedoman paga garis-garis persyarikatan yang tertuang pada muqaddimah AD Muhammadiyah; Menegakkan prinsif Musyawarah dan mendahulukan kemashlahatan umat dan membina semangat kebersamaan dan menjalin kerjasama dengan persyarikatan Muhammadiyah.
Sebelumnya, ketua Kopertis I Prof Dian Armanto menyatakan UMSU memiliki berbagai keunggulan dibanding PTS lainnya di Sumatera.

Dian berharap, UMSU dapat menyusun rancangan Universitas hingga tahun 2045 dan menjadikan UMSU untuk dapat diterima oleh semua warga Sumatera Utara.