PALAS - Sebanyak 6.583 siswa-siswi tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tahun Pelajaran (TP) 2017/2018 mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) yang berlangsung Kamis hingga Sabtu (5/5/2018). Demikian Disampaikan Kadis Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Palas, Abdul Rahim Hasibuan melalui Kabid Dikdasmen M. Rasidi Hasibuan, Kamis (3/5/2018).

Peserta USBN SD, kata dia, ada sebanyak 6.218 dari 180 Sekolah Dasar dan 365 siswa-siswi dari 12 sekolah Madrasah Ibtidaiyah.

"Untuk mata pelajaran yang diujikan yakni Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA. Pelaksanaan USBN ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan peserta didik setelah mendapatkan pembelajaran di satuan pendidikan selama 6 tahun, dimana nilai USBN ini nantinya akan dituangkan dalam Ijazah dan SHUN," jelasnya.

Dikatakannya, tahun ini naskah soal yang diujikan pada pelaksanaan USBN disusun oleh tim penyusun soal USBN SD tingkat Kabupaten Palas sebanyak 75% dari seluruh jumlah soal, sedangkan 25% lagi disusun oleh Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.

"Lembar Jawaban Komputer (LJK) untuk soal pilihan ganda, yang mana nantinya LJK ini akan diperiksa dengan metode scanning oleh panitia USBN Kabupaten Palas," ujarnya.

Pelaksanaan USBN pada tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Dimana kali ini terdapat soal uraian atau essay pada masing-masing mata pelajaran sebanyak lima soal.

"Pemeriksaan lembar lawaban soal uraian atau essay dilakukan oleh guru mata pelajaran di sekolah masing-masing, nantinya nilai untuk soal essay ini akan diserahkan kepada panitia USBN Kabupaten Palas," imbuhnya.

Nilai tersebut nantinya digabungkan dengan nilai soal pilihan ganda dan diperiksa dengan metode scanning untuk mendapatkan total nilai masing-masing mata pelajaran.