Home > Berita > Umum

Jadikan Hardiknas sebagai Refleksi Perjuangan terhadap Pendidikan

Jadikan Hardiknas sebagai Refleksi Perjuangan terhadap Pendidikan
Rabu, 02 Mei 2018 19:03 WIB
Penulis: Fendry Nababan
LABUSEL - Pemkab Labuhanbatu Selatan peringati Hari Pendidikan Nasional tahun 2018 dengan penuh khidmat di lapangan kantor Bupati Labuhanbatu Selatan, Rabu (2/5/2018).Turut hadir pada Upacara Peringatan Hardiknas tersebut Bupati Labuhanbatu Selatan H. Wildan Aswan Tanjung, Wabup Kholil Jufri Harahap, unsur Muspida, Sekda Zulkifli, Plt Kakan Kemenag H. Abdul Fattah Nasution, sejumlah anggota DPRD, pimpinan OPD, PNS, Ormas dan OKP serta pelajar SLTA/SLTP/SD.

Saat membacakan sambutan Mendikbud Muhadjir Effendy, Bupati Labuhanbatu Selatan ini mengajak seluruhnya untuk menjadikan Hardiknas sebagai momentum merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tercermin dalam ajaran, pemikiran, dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara.

“Peringatan Hari Pendidikan Nasional kali ini juga kita jadikan momentum untuk melakukan muhasabah, refleksi terhadap usaha-usaha yang telah kita perjuangkan di bidang pendidikan. Dalam waktu yang bersamaan kita menerawang ke depan atau membuat proyeksi tentang pendidikan nasional yang kita cita-citakan. Pada Hari Pendidikan Nasional 2018 ini kita perlu merenung sejenak untuk menengok ke belakang, melihat apa yang telah kita kerjakan di bidang pendidikan, untuk kemudian bergegas melangkah ke depan guna menggapai cita-cita masa depan pendidikan nasional yang didambakan," lanjutnya.

Ads
Bupati juga mengingatkan pentingnya penguatan pendidikan karakter dan literasi, selain ikhtiar mencerdaskan bangsa. Ikhtiar itu makin kuat menyusul ditetapkannya Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), yang mengamanahkan gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga dengan pelibatan dan kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat sebagai bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).

“Guru, orang tua, dan masyarakat harus menjadi sumber kekuatan untuk memperbaiki kinerja dunia pendidikan dan kebudayaan dalam menumbuhkembangkan karakter dan literasi anak-anak Indonesia," ujarnya.

Usai pelaksanaan upacara Hardiknas, selanjutnya Bupati menyerahkan piala dan piagam penghargaan kepada juara seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP/MTs, beasiswa kepada pemenang OSN, O2SN dan festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang SD, penyerahan SK kepada guru mengaji serta penyerahan CSR Bank Sumut Cab. Kotapinang berupa unit komputer kepada 5 SMP se-Kabupaten Labuhanbatu Selatan.*
wwwwww