PALAS - 100 masyarakat Desa Parsombaan mengikuti pengobatan gratis yang dilaksanakan PT Damai Nusa Sekawan (DNS) melalui program Coorporate Social Responsibilty (CSR), Jumat (27/4/2018). Pengobatan gratis ini merupakan wujud kepeduliaan perusahaan terhadap kesehatan masyarakat di sekitar unit operasional perusahaan.

Pengobatan gratis merupakan kerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Palas melalui Puskesmas Latong, Pemerintah Desa Parsombaan yang berlokasi di MDA Desa Parsombaan.

Selain pengobatan gratis, masyarakat juga mendapat penyuluhan kesehatan tentang pencegahan penyakit stunting dan sesi tanya jawab yang disampaikan Kepala Puskesmas Pasar Latong dr Dewi Sri Bahagia.

Dalam pemeriksaan kesehatan gratis, warga dapat melakukan pemeriksaan tekanan darah, gula darah, pemeriksaan kolestrol dan asam urat serta pemeriksaan ibu hamil dan balita.

Program peduli kesehatan yang dilaksanakan perusahaan ini mendapat sambutan antusias dari masyarakat dan berbagai pihak, termasuk Camat Lubuk Barumun Ridwan Saleh, dan Kepala Desa Parsombahan Suhut Hasibuan yang turut hadir meninjau langsung pengobatan gratis ini.

Pimpinan PT Damai Nusa Sekawan (DNS), Harapan Siregar mengatakan, bahwa kesehatan merupakan hak dasar dari setiap individu. Untuk itu, melalui program CSR Sehat ini bertujuan membantu masyarakat di sekitar unit operasional perusahaan dengan pelaksanaan pengobatan gratis.

"Semoga melalui kegiatan ini, semakin mempererat hubungan antara perusahaan pemerintah
daerah dan masyarakat yang sudah terjalin dengan baik selama ini," harapnya.

Di tempat yang sama, Camat Lubuk Barumun Ridwan Saleh mengatakan, pengobatan gratis ini sangat membantu masyarakat untuk menambah pengetahuan tentang pentingnya kesehatan dalam kehidupan yang lebih baik.

Kepala Puskesmas Pasar Latong dr. Dewi Sri Bahagia juga mengapresiasi pengobatan gratis yang dilaksanakan perusahan.

"Momentum kegiatan ini dapat dimanfaatkan masyarakat untuk menambah wawasan dan memeriksa kesehatan tetapi juga untuk konsultasi tentang kesehatan," katanya.

Kepala Desa Parsombaan Suhut Hasibuan mengatakan, pengobatan gratis ini bisa terlaksana
berkat kerjasama dan koordinasi yang baik antara Tim CSR PT Damai Nusa Sekawan dengan Dinkes Palas dan Pemerintah Desa Parsombaan.

"Kita acung jempol kepada pihak PT DNS pelaksanaan pengobatan gratis yang pertama kali di desa kami," ujarnya.

Salah seorang warga Desa Parsombahan, Gimah (73) mengucapkan terima kasih atas kegiatan pengobatan gratis yang sangat membantu sekali ini.

"Selain mendapatkan pengobatan gratis, juga bertambah wawasan tentang pola hidup sehat dan bersih," pungkasnya.