TAPANULI SELATAN – Menguasai komunikasi dan informasi adalah cermin dari kesuksesan. Apalagi, komunikasi dan informasi merupakan kebutuhan mendasar setiap orang. “Dengan keterbukaan informasi, masyarakat menjadi lebih aktif dan turut serta dalam mengawasi jalannya penyelenggaraan Pemerintah," ucap Sekretaris Daerah Kabupaten Parulian Nasution saat membuka sosialisasi penguatan peran PPID untuk akuntabilitas pengelolaan informasi publik yang profesional, Jumat (27/4/18) di Aula Kantor Bappeda.

Parulian Nasution menambahkan, dengan adanya Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), diharapkan implementasi Undang-Undang mengenai Keterbukaan Informasi Publik dapat berjalan efektif dan hak-hak publik terhadap informasi yang berkualitas secara nyata dapat terpenuhi.

"Jika penyelenggaraan pemerintah tidak transparan, maka akan terjadi masyarakat yang pasif, tidak ada kritik. Oleh karena itu, komunikasi dan informasi publik adalah wujud transparan pemerintah kepada masyarakat," ungkapnya.

“Saya mengharapkan perhatian dan keseriusan kepada seluruh peserta sosialisasi yang hadir untuk dapat mengikuti acara ini dengan sungguh-sungguh”, tutupnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Ridwan Sakti dalam laporannya mengatakan, maksud dan tujuan dilaksanakan sosialisasi ini guna meningkatkan fungsi PPID di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan.

"Serta meningkatkan pelayanan informasi di lingkungan OPD sehingga tercapai pelayanan informasi publik yang berkualitas dan mekanisme Pelayanan Informasi Publik dapat terwujud kepada masyarakat," ujarnya.

Sosialisasi ini dihadiri 240 peserta yang terdiri dari Kepala OPD, Sekretaris OPD, Camat, Kabag, Sekcam, Kades 10 orang dan seluruh admin OPD dan dilaksanakan selama 1 hari pada tanggal 27 April 2018, bertempat di Aula Kantor Bappeda Kabupaten Tapanuli Selatan dengan narasumber Kepala Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kementerian Kominfo RI Drs Irbar Samekto dan Kepala Bidang Pelayanan Informasi Biro Humas Kementerian Kominfo RI Soekartono.

Setelah itu dilanjutkan dengan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Dinas Komunikasi dan Informatika Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan dengan Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kementerian Kominfo RI.