JAKARTA - Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dan Aceh terpilih menjadi tuan rumah bersama Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024 dalam Musyawarah Orgaisasi Nasional Luar Biasa (Misornaslub) KONI yang digelar di Bidakara Jakarta, Selasa (24/4/2018).

Dalam acara pemilihan yang dihadiri utusan 24 KONI Provinsi, Sumut dan Aceh berhasil meraih 24 suara. Saingannya, Bali-Nusa Tenggara Barat (NTB) hanya mengoleksi 8 suara dan kandidat Kalimanatan Selatan kebagian 2 suara.

"Alhamdulillah Sumut dan Aceh terpilih menjadi tuan rumah bersama PON 2024. Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan KONI Provinsi yang telah memilih Sumut dan Aceh. Dan, kami siap menjalankan amanah demi mensukseskan pelaksanaan PON XXI/2024," kata Wakil Gubernur Sumut, Nuhajizah Marpaung. 

Dengan terpilihnya Sumut dan Aceh, kata Nurhajizah, akan terus dilakukan pertemuan secara iintensif. "Kami akan terus melakukan pertemuan secara intensif untuk pelaksanaan PON 2024. Soal pembagian 56 cabang olahraga (cabor) yang akak dipertandingkan kan sudah tidak ada masalah lagi karena kami sudah sepakat masing-masing kebagian 28 cabor," jelasnya. 

Untuk mensukseskan PON di Sumut, kata Nurhajizah Marpaung, Pemda Sumut telah menyediakan lahan 100 hektar yang terletak di Kuala Namo, Medan.

"Kita akan membangun Sport Centre di lahan 100 hektar. Ini sebagai bentuk komitmen Pemda Sumut," katanya.

Komitmen yang sama juga dilontarkan Ketua KONI Provinsi Aceh, Muzakir Manaf. "Alhamdulilah keinginan Aceh menjadi tuan rumah PON 2024 terkabul. Sudah ada lahan seluas 240 hektar yang akan dibangun untuk tempat pertandingan," katanya. 

Selain mensukseskan pelaksanaan PON 2024, kata Muzakir Manaf, Aceh juga mengincar sukses prestasi.  Program Aceh Hebat pun sudah diluncurkan sejak 2017 yang bertujuan meningkatkan prestasi atletnya. ***