Evaluasi Kenaikan Tipologi Polda Ditargetkan Selesai Akhir Bulan

Evaluasi Kenaikan Tipologi Polda Ditargetkan Selesai Akhir Bulan
Rabu, 25 April 2018 19:13 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
PALANGKARAYA - Empat Kepolisian Daerah (Polda) diusulkan mendapatkan kenaikan tipologi dari B ke A. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur menargetkan evaluasi empat Polda itu akan selesai akhir bulan April ini.
Polda yang diusulkan mendapat kenaikan tipologi ini adalah Polda Kalimantan Selatan, Polda Kalimantan Tengah, Polda Nusa Tenggara Barat, dan Polda Jambi.

"Targetnya akhir bulan ini hasilnya kita serahkan ke Kapolri," ujarnya saat evaluasi kelayakan di Markas Polda Kalteng, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Rabu (25/04).

Ia menekankan, jika nantinya Polda Kalteng memang layak untuk naik tipe, itu bukanlah sekadar kenaikan pangkat. Namun sebuah reward karena kenaikan kinerja dan sistem pelayanan publik.

Dijelaskan, Kementerian PANRB juga mengevaluasi polda-polda yang sudah mendapatkan persetujuan kenaikan tipologi. "Yang bintang dua kita evaluasi juga, bisa kita turunkan kalau kualitas kinerjanya menurun," tegas pria yang pernah menjabat Wakil Walikota Batam ini.

Di era yang serba digital ini, penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) juga menjadi standar penilaian. Selain penggunaan SPBE, perubahan manajemen lama, dan pengembangan inovasi juga menjadi kunci kenaikan tipe polda.

"Lingkaran itu adalah revolusi mental. Tidak boleh lagi pakai model lama," imbuhnya.

Kenaikan tipe Polda ini juga tidak sembarangan. Sumber Daya Manusia (SDM) yang berada di setiap unit kerja juga harus mampu menciptakan inovasi dan mengikuti perkembangan zaman.

Menteri Asman menerangkan, Presiden Joko Widodo saat ini tengah menaruh perhatian terhadap pembangunan infrastruktur, tapi juga fokus kepada pembangunan SDM. Jika kualitas SDM sudah meningkat, keberhasilan suatu unit kerja pasti akan tercapai.

"Kemajuan tidak datang sendirinya, keberhasilan tidak datang otomatis. Keberhasilan datang dengan kerja keras, tergantung tekad dan kerja keras kita," tegasnya memberi motivasi.

Dalam kunjungan ini, Menteri Asman didampingi oleh Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian PANRB Rini Widyantini, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa, Staf Khusus Bidang Politik Kementerian PANRB Noviantika Nasution, dan Asisten Kapolri bidang Perencanaan Irjen Bambang Sunarwibowo. Pada kegiatan itu turut hadir Kapolda Kalteng Brigjen Anang Revandoko, Sekda Provinsi Kalteng Fahrizal Fikri, serta Danrem 102/Panju Panjung Kolonel Armed M. Naudi Nurdika. ***

Ads
wwwwww