MEDAN - Wakil Ketua KPK Saut Situmorang meminta publik untuk tetap bersabar menunggu penuntasan kasus dugaan korupsi dalam proyek reklamasi teluk di DKI Jakarta. Bahkan, kata Saut, termasuk dugaan keterlibatan mantan Gubernur DKI Jakarta yang kini menjadi Calon Gubernur Sumut Djarot Saiful Hidayat.

Hal ini diungkapkan Saut saat hadir pada pengumuman LHKPN calon kepala daerah di Aula Raja Inal Siregar Lantai II Kantor Gubernur Sumut Jalan Pangeran Diponegoro, Medan, Selasa (24/4/2018).

"Jadi perlu dipahami, ketika nama-nama disebut, buat KPK itu menjadi catatan. Bisa jadi ada peristiwa pidana, tapi KPK belum bisa membuktikannya. Seperti BLBI dan Bank Century, peristiwa pidananya ada, tapi prosesnya panjang," kata Saut.

Saut mengatakan, KPK terlebih dulu mesti yakin menang ketika hendak menyeret seseorang ke ranah pengadilan.

"Kami membawa seseorang ke pengadilan itu, kami harus yakin bahwa kami harus menang. Kadang-kadang lambat, lama, ya memang kita perlu sedikit banyak orang," kata Saut.

Saut pun kembali meminta publik memberi kepercayaan kepada KPK.

"Percaya saja ke KPK, kalau sudah ketemu buktinya, meskipun hari ini makan malam dengan KPK, besok ditangkap," kata Saut mengakhiri.*