MEDAN - Pergerakan Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan saham hari ini kembali ditutup melemah 29 basis poin atau melemah sebesar 0,4% di level 6.308. level tertinggi IHSG berada pada level 6.335 dan level terendah berada pada level 6.298. Pelemahan IHSG pada perdagangan hari ini bergerak mengikuti pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat. Rupiah melemah hampir menyentuh level Rp. 14.000. Pelemahan rupiah yang terus menerus terjadi belakangan ini tentunya menjadi sorot perhatian Bank Indonesia sebagai lembaga yang bertugas dalam menjaga stabilitas nilai tukar rupiah.

“Pelemahan nilai tukar rupiah ini disinyalir berasal dari ekspektasi kenaikan suku bunga acuan Amerika Serikat yang akan di umumkan bulan Juni. Naiknya tingkat suku bunga acuan The Fed akan membuat dolar Amerika Serikat menjadi semakin kuat terhadap mata uang lainnya termasuk bath, yen, yuan dan lain sebagainya,” ujar Gunawan Benjamin Pengamat Ekonomi Sumut, Senin (23/4/2018).

Menurutnya, pelemahan nilai tukar Rupiah ini akan memberikan kerugian terhadap sejumlah pihak baik pengusaha, perusahaan swasta maupun importir. Pelemahan nilai tukar rupiah ini juga turut merugikan pemerintah karna dengan adanya pelemahan nilai tukar rupiah ini, utang luar negeri Indonesia turut membengkak seiring menguatnya dolar AS.

Tak hanya itu perusahaan-perusahaan yang memiliki hutang luar negeri dan bahan baku yang berasal dari luar negeri turut terbebani oleh pelemahan rupiah pada saat ini.

"Pelemahan ini harus segera diatasi terlebih lagi psikologi pasar menjelang puasa Ramadhan harga bahan-bahan pokok turut berpeluang mengalami kenaikan. Dengan adanya kenaikan barang-barang pokok dan komoditi ini tentunya akan mengurangi konsumsi masyarakat dan mengurangi penjualan pedagang. Meskipun sejauh ini harga kebutuhan pokok masih terpantau sangat stabil," pungkasnya.

Tak hanya itu, kenaikan harga minyak mentah dunia tentunya menambah defisit anggaran pemerintah dimana pemerintah belum menaikkan harga BBM bersubsidi guna menjaga daya beli masyarakat agar tetap terjaga.