PALAS - Tim sepak bola Askab PSSI Kabupaten Padang Lawas dilepas secara resmi untuk mengikuti Pekan Olahraga Wilayah Sumatera Utara (Porwilsu) di wilayah Zona 4 di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sabtu (21/4/2018) malam. Ketua Askab PSSI Palas, Zainuddin Hasibuan mengatakan, tim yang diberangkatkan ini berjumlah 25 orang terdiri dari pemain, pelatih serta asisten pelatih, dengan mengunakan angkutan bus Pemda Palas menuju Kabupaten Tapanuli Tengah di Sibolga.

Zainuddin berpesan, kepada pelatih dan pemain agar dapat membangun kerja sama yang solid dalam melakukan serangan ke pertahanan lawan untuk meraih keberhasilan.

"Tunjukan kemampuan kita dalam berlaga di porwilsu dengan penuh semangat dan jangan hanya jago kandang, tetapi harus memiliki kepercayaan diri yang kuat sebagai bukti pemain yang memiliki kualitas dan kuantitas tinggi," imbaunya memotivasi.

Sebab, lanjut dia, semua tim kabupaten lain di zona 4, berusaha untuk mencari kemenangan dengan mempersiapkan tim.

"Pemain harus menjunjung tinggi sportivitas dan dapat mengendalikan emosi, serta dapat menerapkan permainan sesuai dengan latihan," tandas Zainuddin.

Disisi lain, Asisten Pelatih Askab PSSI untuk Tim Porwil, Nasran Efendi Nasution kecewa terhadap para pengurus KONI Palas yang tidak memberikan dukungan apapun terhadap tim sepakbola dalam mengikuti Porwilsu tahun ini.

"Kami atas nama pelatih, asisten dan pelatih sepakbola sangat kecewa dengan KONI, karena tidak peduli dengan para atlet olahraga," ketusnya.

Ironisnya lagi, kata Nasran, akibat ketidakpedulian KONI, banyak cabang olahraga di daerah ini yang tidak ikut berangkat mengikuti Porwilsu, akibat tidak ada dukungan anggaran dan pembinaan terhadap atlet.

"Sikap apatis KONI menimbulkan kemerosotan semangat atlet untuk berkarir meraih prestasi," bebernya.

Screening pemain ini dilaksanakan Minggu (22/4/2018) tadi dilanjutkan Manager Meeting. Selanjutnya pada 23-28 April 2018, pemain akan bertanding di Stadion SMA Plus Matauli Pandan dan Gor Pandan Tapteng dengan Tim dari Kabupaten lain yang masuk di zona 4.

Adapun peserta kabupaten yang masuk di zona 4 adalah Kabupaten Tapanuli Tengah (tuan rumah), Pemko Tebing Tinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan, Pemko Padang Sidimpuan, Kabupaten Mandailing Natal, Pemko Sibolga, Pemko Gunung Sitoli, Kabupaten Padang Lawas dan Kabupaten Nias utara.