MEDAN - Bertepatan di hari Kartini yang jatuh pada 21 April 2018 ini, Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Pengurus Wilayah Sumatera Utara (Sumut) membentuk IPEMI Pengurus Daerah (PD) Kota Medan periode 2018-2023 dengan sekitar 50 anggota pengusaha muslimah yang ada di Kota Medan. Dalam pembentukan IPEMI Pengurus Derah (PD) Kota Medan periode 2018-2023 ini dihadiri langsung oleh Walikota Medan Dzulmi Eldin beserta istri Rita Maharani.

Ketua Umum IPEMI Pengurus Wilayah Sumut, Yulidar Bugis mengatakan, organisasi ini sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia salah satunya di Sumut. Untuk di Sumut saja sudah terbentuk sebanyak 15 Kabupaten/Kota.

“Ini yang ke 16 kita bentuk IPEMI PD Kota Medan. Ada yang berbeda dari pembentukan IPEMI PD Kota Medan ini sebab anggotanya kebanyakan dari gabungan anak-anak muda yang masih semangat yang mempunyai kinerja dan pola fikir yang masih segar. Sehingga mampu membangkitkan IPEMI yang sudah ada dan juga bisa diperbaharui nanti, apalagi mereka ini kan anak-anak kaula muda. Jadi berbeda ya, dan selama ini kita cenderung pada ibu-ibu pengajian, nah dengan bergabungnya anak-anak muda yang berusaha ini semoga mereka punya usaha lebih maju di sini,” katanya pada Media, yang didampingi Sekertaris IPEMI Sumut, Erni Mediawati dan Bendahara IPEMI Sumut, Tengku Mena Rizal, Sabtu (21/4/2018).

Menurutnya, sebanyak 200 lebih pengusaha yang tergabung di 16 IPEMI Perwakilan Daerah Kabupaten/Kota di Sumut. Pihaknya juga sudah melakukan audiensi ke 20 Kabupaten/Kota namun saat ini tersendat dengan musim pemilihan kepala daerah (Pilkada).

“Jadi saat ini lebih cenderung ke pilkada gubernur dan daerah-daerah lainya,” terangnya.

Untuk sistem perekrutannya berasal dari kalangan umum, sebab namanya usaha dan bisa juga bersinergi dengan pemerintah setempat. Secara umum kita menjajaki pengusaha-pengusaha di luar daerah yang dilantik setelah terpilihnya kepala daerahnya. Kita juga telah bersinergi dengan pihak kamar dagang (kadin) atau pihak perindustrian.

"Apalagi ini yang menggerakkan perempuan itu jarang sekali apalagi perempuan muslimah. Untuk produk ekspor kita memang sudah ada, namun saat ini terkendala karena produk kita masih sebagian menengah ke bawah,” terangnya.

Ketua Umum IPEMI PD Kota Medan, Sri Wahyuni mengatakan sebagian anggota yang tergabung merupakan pengusaha muda yang baru merintis sehingga bisa membantu perkonomian mereka.

“Saat ini ada 50 anggota yang tergabung di IPEMI Kota Medan dan inilah yang kita perdayakan agar lebih maju dan berkembang lagi. Dan pelantikan ini sengaja bertepatan dengan peringatan Hari Kartini yang bertujuan untuk membangkitkan semangat perempuan-perempuan muda ini,” ucapnya.

Dalam kegiatan ini, pihaknya juga mengundang artis atau penyanyi Indah Nevertari sekaligus menjadi salah satu motivatir inspirasi anak muda Medan dan juga ada Fashion Designer Vivi Zubedi, untuk memotivasi pengusaha muda Medan agar bisa terkenal apalagi Indah merupakan salah satu anak Medan,” tukasnya.

Adapun IPEMI PD Kota Medan yang dilantik yakni dengan Ketua Sri Wahyuni SH, Wakil Ketua Anta Rini Siahaan, Sekertaris Purnama Rezeki, Bendahara Dewi Zahraini Nasution.*