PALAS - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Padang Lawas secara resmi akan melaksanakan debat publik perdana pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Palas pada Tahun 2018 di Medan, Minggu (29/4/2018). "Rencananya, debat kandidat ini akan ditayangkan secara langsung (live) melalui televisi swasta,” ungkap Amran Pulungan Komisioner KPUD Palas Divisi Parmas dan SDM, Jumat (20/4/2018) usai mengikuti rapat koordinasi persiapan debat Publik di Hotel Grandika Sibuhuan.

“Debat Publik itu disiarkan langsung media elektronik, lokasinya belum bisa ditetapkan, (karena) saat ini masih dalam penjajakan. Jumlah undangan yang hadir pada saat debat publik juga belum dapat dipastikan,” terangnya.

Hanya saja, kata Amran, pihaknya akan berupaya mencari tempat yang aman dan nyaman sesuai dengan kemampuan anggaran yang ada.

Kalau nantinya sudah dapat dipastikan lokasi dan jumlah undangannya, maka KPUD Palas akan menyurati masing-masing Tim Paslon.

Setelah persiapannya nanti final, sambung Amran, pihaknya bekerjasama dengan stakeholder PPK Kecamatan akan membuat selebaran, begitu juga juga baliho dan spanduk, sehingga masyarakat bisa secara bersama-sama menonton tayangan debat publik tersebut.

"Pelaksanaan siaran langsung debat publik itu bertujuan untuk dapat diketahui masyarakat tentang informasi penyampaian visi dan misi dari tiga Paslon Bupati dan Wakil Bupati Palas yang akan bertarung di Pilkada. Dengan demikian, masyarakat bisa menilai Paslon yang mana pantas untuk dipilih," terangnya.

Untuk debat publik kedua, pihaknya akan melaksanakannya di ibukota Sibuhuan pada Jumat (22/6/2018) dan rencananya akan disiarkan langsung melalui radio.