LABUHANBATU - Kegiatan program TNI-KB KES, merupakan upaya TNI senantiasa ikut serta mengambil peran untuk menyosialisasikan dan membantu pemerintah dalam mengendalikan laju pertumbuhan penduduk, sehingga melahirkan kuantitas yang seimbang dengan ketersediaan pangan dan energi. Demikian disampaikan Dandim 0209/LB Letkol CZi Denden Sumarlin pada pelaksanaan TNI-KB KES di Aula Makodim setempat yang berlokasi di Jalan H Azis Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu, Jumat (20/4/2018).

Dandim menjelaskan, kegiatan ini merupakan kehormatan dan kebanggaan buat TNI, sebagai momentum mewujudkan realisasi program Keluarga Berencana (KB), khususnya di wilayah teritorial Kodim 0209/LB dapat terlaksana dengan baik.

"Keberhasilan program KKBPK, dapat dinilai dari hasil pembatasan jumlah kelahiran dalam mengatur jumlah anak, serta hingga sejauh mana program itu sendiri diterapkan," sebut Dandim.

Melalui kesempatan ini pula, Dandim menjelaskan program bakti sosial KB KES di wilayah Kodim 0209/LB Tahun 2018, memiliki peran strategis dimana anggota TNI diharapkan menjadi pelopor, motivator, dan dinamisator dalam melaksanakan program Kependudukan keluarga berencana dalam Pembangunan keluarga (KKBPK).

Di tempat yang sama, Lidia Wati Harahap, selaku Kepala Dinas BP2KB menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dandim 0209/LB, yang telah menyediakan tempat untuk melaksanakan TNI-KB KES di Aula Kodim setempat.

"Tanpa ada dukungan dari pihak TNI, mungkin acara seperti ini tidak dapat terlaksana," bilangnya.

Kata dia, kegiatan KB KES ini diperlukan adanya dukungan dari berbagai lapisan masyarakat, yang bertujuan untuk menekan jumlah penduduk supaya seimbang dengan sumberdaya alam dan energi.

"Himbauan kami kepada TNI, agar terus membantu pemerintah dalam menerapkan KB KES. Serta kepada masyarakat agar dapat memahami apa sebenarnya KB KES itu sendiri," pungkasnya.

Tampak hadir, Mayor Inf Ertiko Cholifa, Kasdim 0209/LB, Kapten Inf P Sinaga, Pasi Bhakti Siter Korem 022/PT, Tinur Bulan Harahap, Kadis Kesehatan, Labuhan batu, dr Vianna M Siregar, Kepala Puskesmas Kota Rantauprapat, Andrea Nuzul Manik. Sttp, Camat Rantau Utara.

Juga diikuti, Pa Bung Labura Mayor Inf. H Syamsul A Harahap, jajaran para staf beserta Dan Ramil Se-jajaran Kodim 0209/LB, Lurah dan Kepala Desa, serta 200-an peserta lainnya.