PALAS - Puluhan pengunjung di lokasi pemandian Siraisan, Kecamatan Ulu Barumun, Kabupaten Padang Lawas dikejutkan dengan meluapnya air sungai Barumun secara tiba - tiba. Informasi dihimpun, Kamis (19/4/2018), meluapnya air sungai barumun tersebut menyebabkan 3 unit sepeda motor pengunjung nyaris terseret arus. Bahkan, pengunjung yang sedang mandi-mandi di lokasi itu berhamburan menyelamatkan diri ke lokasi yang aman.

Salah seorang pengunjung, Amirusin Daulay di lokasi kejadian menceritakan, meluapnya sungai tersebut diawali hujan gerimis di sekitar lokasi pemandian aek siraisan. Berselang setengah jam setelah hujan mulai reda, secara tiba - tiba air naik disertai arus deras hingga membuat pengunjung di lokasi berhamburan.

Sejumlah pengunjung lainnya mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Hanya saja, sejumlah barang pengunjung berupa pakaian dan sandal hanyut terseret arus air.

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, hanya sepeda motor yang nyaris terseret arus tetapi masih bisa dievakuasi pemiliknya," kata Amir.

Sementara, salah seorang pedagang bermarga Hasibuan menyebutkan, kejadian seperti ini sudah sering terjadi. Hal ini diduga dikarenakan tidak adanya lagi pepohonan yang besar di hulu dan daerah bantaran sungai tersebut. Akibatnya, saat musim hujan seperti saat ini, debit air yang datang dari daerah pegunungan tidak tertahan dan langsung ke aliran pemandian Aek Siraisan dan sungai Barumun.

"Sudah jarang terlihat sampai ke hulu ada kayu yang besar. Makanya kalau hujan seperti saat ini, kita selalu mengimbau para pengunjung agar tetap selalu waspada," ujar pedagang di Aek Siraisan itu.