LABUHANBATU - Puluhan mahasiwa mengatasnamakan Aliansi Mahasiswa Labuhanbatu (AMAL) Labuhanbatu melakukan aksi long march, Kamis (19/4/2018) sekira pukul 10.40 di Tugu Simpang 6, Kelurahan Kota Rantauprapat, Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu. Aksi ini pun mendapat pengawalan dari aparat keamanan agar aksi yang dilakukan sekitar 20 mahasiswa tetap berjalan lancar dan tertib hingga akhir.

Adapun rute yang ditempuh mahasiswa ini yakni dimulai dari Kampus Yayasan Universitas Labuhanbatu Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Rantau Selatan, Kabupaten Labuhanbatu - Jalan Ahmad Yani Rantauprapat - Jalan Sudirman Rantauprapat dan finish di Tugu Simpang 6, Kelurahan Kota Rantauprapat, Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu.

"Benar, tadi ada aksi long march dan kita memberikan pengawalan, agar aksi dapat berjalan lancar," ungkap Kapoplres Labuhanbatu, AKBP Frido Situmorang melalui Kabag Ops Polres Labuhanbatu, Kompol J. Panjaiatan.

Menurut Kabag Ops, aksi long march mahasiswa tersebut yakni ingin menyuarakan dan mengimbau kepada masyarakat Sumatera Utara khususnya Labuhanbatu agar menolak money politik karena mencederai azas-azas demokrasi.

"Mereka juga menghimbau kepada masyarakat agar jangan mudah terprovokasi isu-isu SARA yang ingin merusak keutuhan bangsa Indonesia dan menghimbau masyarakat untuk menggunakan hak pilih dalam pesta demokrasi pilkada Sumut tahun 2018," jelasnya.

Saat tiba di Tugu Simpang 6 Rantauprapat, puluhan mahasiswa tersebut melaksanakan orasi serta pembagian statement kepada masyarakat dan pengguna jalan.

"Sekira pukul 11.35, pelaksanaan long march Aliansi Mahasiswa Labuhanbatu (AMAL) Labuhanbatu telah selesai dilaksanakan, selanjutnya massa bergerak kembali ke Yayasan Universitas Labuhanbatu untuk konsolidasi dan memburkan diri dengan aman dan kondusif," jelasnya.