JAKARTA - Hadapi tahun politik, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta semu ormas terlibat aktif menjaga stabilitas politik Indonesia.

"Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa adalah kewajiban kita semua. Organisasi kemasyarakatan harus memegang peran penting dalam untuk mengedukasi masyarakat agar tidak mudah terpancing berbagai isu yang dapat memecah belah persatuan bangsa," ujar Bamsoet saat menerima Himpunan Pengusaha Putera Puteri Keluarga Besar TNI Angkatan Darat (Hipakad) di ruang kerja Ketua DPR, Jakarta, Kamis (19/9).

Bamsoet menegaskan, Hipakad sebagai Organisasi pengusaha yang menaungi putera-puteri TNI Angkatan Darat harus menjadi garda terdepan dalam membela bangsa dan negara.

Perjuangan saat ini kata dia, bukan hanya menghadapi musuh nyata yang ingin merongrong NKRI, tetapi juga berhadapan dengan perang teknologi atau proxy war.

"Musuh kita saat ini sudah semakin canggih. Serangan yang dilakukan bukan lagi menggunakan peluru tajam. Tetapi, menggunakan kemajuan teknologi. Tanpa sadar otak kita diracuni dengan berita-berita hoax ataupun hate speech yang marak berseliweran di dunia maya," kata Bamsoet.

Politisi Partai Golkar ini juga meminta, agar Hipakad dapat membantu keluarga-keluarga TNI AD yang kurang beruntung.

Bantuan yang dimaksud adalah berupa menyediaan lapangan kerja melalui wirusaha.

"Kita tau banyak anak-anak kolong kehidupannya masih kurang beruntung. Coba lakukan pembinaan kepada mereka untuk memiliki usaha agar kehidupannya menjadi lebih baik. Ajak mereka yang tidak bekerja untuk berwirausaha," tutur Bamsoet.  

Bamsoet mengakui dibutuhkan modal yang tidak sedikit untuk berwirausaha. Karenanya, Bamsoet bersama beberapa rekan dari keluarga besar TNI, tengah mencari formula khusus untuk bisa memberdayakan anak muda yang tinggal di komplek militer.  

"Salah satu upaya yang tengah kita bahas adalah bagaimana memberdayakan anak kompleks militer yang tidak bekerja sebagai ojek online. Kita bikin sistem aplikasi ojek online sendiri. Kemudian, kita berikan pinjaman motor, nanti dari hasil mengojek mereka akan menyicil pembelian motor tersebut," papar Bamsoet.    

Mantan Ketua Komisi III DPR ini yakin jika kaum muda di komplek militer bisa terfasilitasi dengan baik, maka akan mudah untuk dilibatkan dalam bela negara. "Saya yakin semangat nasionalisme putera puteri keluarga besar TNI tidak perlu diragukan lagi. Bila kita bisa mengayomi, tentu mereka tidak segan untuk maju terdepan dalam membela negara," pungkas Bamsoet.***