DUTA Besar India untuk Indonesia, Pradeep Kumar Rawat, mengunjungi Universitas Syiah Kuala yang disambut langsung oleh Rektor Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng, di Balai Senat, Rabu (18/4/2018). Dalam kunjungan singkat tersebut, Pradeep mengapresiasi Unsyiah yang telah menjalin kerja sama dengan beberapa universitas besar di India. Ia berharap kerja sama ini dapat terus terjalin dan tidak tutup kemungkinan akan terus berlanjut di bidang lainnya.

Pradeep juga memuji Unsyiah yang saat ini semakin berkembang pesat, sekaligus berperan besar dalam pembangunan di Aceh. Ia juga mengajak para intelektual Unsyiah untuk dapat saling mendukung dan bekerja sama dengan intelektual India dalam memajukan dunia ilmu pengetahuan.

Sementara itu Rektor Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng., mengapresiasi kunjungan ini. Ia menyebutkan ini merupakan kunjungan pertama Duta Besar India ke Unsyiah. Rektor juga menjelaskan jika selama ini Unsyiah telah menjalin kerja sama dengan beberapa universitas di India dalam bidang penelitian, kolaborasi riset, dan pertukaran mahasiswa.

“Terakhir kita menjalin kerja sama dengan Sathyabama Institute of Science and Technology, Chennai-Tamilnadu, India, mencakup beberapa kegiatan pendidikan,” jelasnya.

Rektor juga menambahkan, India dan Aceh memiliki banyak kesamaan terutama di bidang budaya dan kuliner. Untuk itu, Unsyiah telah mendirikan Corner India (Pusat Budaya India) di Perpustakaan Unsyiah sebagai wadah memperkenalkan India lebih dekat kepada para mahasiswa.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut para dekan fakultas, kepala biro, ketua lembaga, ketua Unit Pelaksana Teknis (UPT), dan civitas akademika Unsyiah.