MEDAN -Djarot Saiful Hidayat mendapat kehormatan istimewa saat mengunjungi Istana Maimun di Jalan Sultan Makmun Al Rasyid Medan, Rabu (18/4/2018). Setelah berkeliling di istana Kesultanan Deli yang merupakan salah satu ikon Kota Medan serta kebanggaan masyarakat Sumatera Utara itu, Djarot dijamu makan siang bersama keluarga besar Kesultanan Deli.

Dari sederet menu makanan yang disajikan, Djarot paling berkesan dengan nasi tomat, khas Melayu. "Nasi tomatnya, enak sekali," ujar H Djarot Syaiful Hidayat, ke Tengku Syah Muhammad Parunggit, anak Raja Muda, yang duduk semeja dengannya.

Salah seorang keluarga Sultan Deli, Tengku Musyafika Fauzirah, menjelaskan bahwa nasi Tomat khas Melayu yang disajikan kepada Djarot Saiful Hidayat adalah masakan dari keluarga Kesultanan. "Kami memasaknya untuk jamuan makan siang bersama Pak Djarot," sebutnya.

Hadir dalam dijamuan makan siang tersebut para Pengurus Yayasan Sultan Ma'moen Al Rasyid, seperti, Sekretaris Yayasan Tengku Muchriyad, Pengawas Yayasan Tengku Moh Reza, Wakil Ketua Yayasan Tengku Syah Muhammad Parunggit dan Wakil Ketua Yayasan Tengku Ma'moen.

Tidak hanya itu, usai santap siang, Djarot menikmati suguhan irama Melayu hingga diajak menari dan bernyanyi bersama di teras istana. Walaupun tampak canggung saat meronggeng dihadapan penari, namun raut wajah Djarot terlihat ceria dan gembira.

‘’Istana Maimun sungguh luar biasa. Apalagi istana yang letaknya di antara Masjid Raya Al Mashun dan Taman Kolam Sri Deli yang merupakan peninggalan Sultan Deli ini perlu dijaga, dirawat dan dilestarikan dengan baik,’’ tutur Djarot.***