PADANGSIDIMPUAN - Pilkada serentak di 171 daerah di seluruh wilayah Indonesia akan dimulai pada tahun 2018 ini. Pada tahun ini pula rangkaian Pemilu 2019 juga akan dimulai. Pesta demokrasi tersebut biasanya akan diiringi dengan meningkatnya suhu politik di tanah air.
"Kerawanan akan timbul bila hal itu dibarengi dengan berbagai tindakan kontra produktif seperti kampanye hitam dan provokasi serta pengerahan massa yang anarkis," sebut Kapolres Tapsel Mohammad Iqbal saat menjadi inspektur upacara gabungan, Senin (16/4/2018).

Untuk itu, diminta kepada seluruh prajurit dan PNS TNI untuk tidak bersikap reaktif terhadap segala isu yang berkembang dan tetap fokus terhadap tugas yang diemban terhadap seluruh TNI.

Lebih lanjut, Kapolres membacakan, satu hal yang dapat menumbuhkan ketahanan Nasional yang kuat adalah soliditas dan kekompakan segenap komponen bangsa dan bernegara.

"TNI selaku bagian dari komponen itu perlu membina soliditas, sinergi, kekompakan dari tingkat pusat sampai daerah. Ego sektoral dan premordilisme sempit harus dibuang jauh-jauh karena hanya dengan bersatu, bergerak bersama-sama, maka Indonesia akan dapat menjawab dan menghadapi setiap potensi yang mengancam kedaulatan, keutuhan maupun keselamatan bangsa dan negara," lanjut Kapolres menyampaikan.

Di akhir acara, setelah menyanyikan bersama-sama lagu 'Kami Indonesia, Kami Anti Hoax' ciptaan Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Paulus Waterpaw dan meneriakkan yel-yel TNI-Polri, Kapolres menjelaskan, tujuan dari acara ini adalah tidak lain untuk meningkatkan sinergitas dan soliditas di wilayah hukum Polres Tapsel dan Kodim 0212/TS dalam rangka persiapan menghadapi pesta demokrasi Pilkada serentak 2018.

"Kami ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa pilar negara ini yakni TNI-Polri masih tetap kokoh, kuat dalam memberikan pelayanan terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Tapsel. Seiring dengan perintah Bapak Pangdam I/BB dan Kapolda Sumut, untuk melaksanakan apel konsolidasi dalam rangka persiapan menghadapi Pilkada serentak tahun 2018 ini," jelasnya.

Upacara yang dihadiri ratusan personel gabungan TNI-Polri ditambah ASN (Aparatur Sipil Negara) ini dimulai sekira pukul 08.00.

Turut hadir dalam acara ini yakni Kapolres Padangsidimpuan AKBP Hilman Wijaya, mewakili Dandim 0212/TS Pasilog Capt Inf Triswanto, mewakili Dan C Brimob Sipirok beserta jajarannya dan perwakilan Batalyon Inf 123/RW. Seluruh rangkaian acara berjalan dengan tertib, aman dan lancar.