JAKARTA - Polda Metro Jaya mengajak para artis dan penggiat dunia perfilman dalam mendeklarasikan anti berita-berita bohong atau kabar hoaks yang terjadi akhir-akhir ini yang dilakukan di Tebet Square, Jakarta selatan, pada Senin (16/4/2018).

Kabid Hukum Polda Metro Jaya Komisaris Besae Polisi Agus Rokhmat menyatakan deklarasi anti hoaks ini dilaksanakan untuk menyadarkan masyarakat terkait penyebaran hoaks ini akan menimbulkan perpecahan bangsa Indonesia.

"Kami melaksanakan deklarasi anti hoaks dengan rekan-rekan dari para artis, ini bertujuan agar masyarakat sadar hukum bahwa penyebar hoaks itu melanggar hukum karena itu dapat memecah bangsa ini dan membuat situasi kamtibmas menjadi kondusif," kata Agus kepada wartawan di Jakarta, Senin (16/4/2018).

Sementara itu, komedian senior Tessy menyatakan kabar bohong atau hoaks ini harus dapat diberantas sampai ke akar-akarnya. Aktor srimulat ini mengajak kepada seluruh masyarakat untuk dapat melaporkannya ke pihak berwajib.

"Sudah jelas penyebar berita enggak bener kita berantas kenapa harus kita tunda-tunda laporkan ke pihak yang berwajib, negara kita tuh negara hukum jangan pake adu mengadu," ucap Tessy.

Walaupun belum pernah menjadi korban kabar bohong atau hoaks ini, namun dirinya menyebutkan agar dengan adanya deklarasi anti hoaks ini dapat menghilangkan akar dari kabar berita yang tidak bisa dipertanggungjawabkan itu.

"Kebetulan saya belum pernah menjadi karbon, ehh korban maksudnya," ucapnya. 

Selain komedian Tessy, Acara deklarasi anti hoaks ini dihadiri oleh beberapa artis yakni aktri sekaligus penyanyi Sinta Bachir, model cantik Anneke Carolline, bersama Queen Astrid dan sejumlah jajaran Polda Metro Jaya. ***