JAKARTA - Juara Piala Asia U-23 Uzbekistan dipastikan akan tampil di turnamen PSSI Anniversary Cup 2018 yang akan digelar pada tanggal 27 April- 3 Mei mendatang. Keikutsertaan tim sekelas Uzbekistan semakin meningkatkan level kualitas turnamen.

Ini menjadi ujian yang sangat kompetitif untuk tim Indonesia dalam persiapan menuju Asian Games 2018.

Tim polesan pelatih Rashan Khaydarov ini akan menggantikan Malaysia yang mengundurkan diri sebagai salah satu tim peserta. Selain tuan rumah Indonesia, dua peserta lainnya yang sudah terlebih dahulu memastikan tampil yakni Korea Utara dan Bahrain.

"PSSI memang sangat serius untuk persiapan timnas menuju Asian Games. Makanya kita membuat turnamen dengan mengundang tim-tim papan atas. Ini ujian yang bagus untuk timnas. Bukan soal menang atau kalah, mereka harus tampil maksimal untuk mengetahui level mereka," kata Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria.

Pelatih timnas U23 Indonesia, Luis Milla juga mengaku cukup senang dengan kepastian Uzbekistan tampil di turnamen ini.

"Ini turnamen yang bagus buat kami. Tentu saya ingin pemain belajar dari turnamen ini. Mereka akan tahu dimana level mereka. Yang pasti, kami juga akan tampil maksimal. Untuk persiapan kami telah menjalani program latihan dalam pemusatan latihan," kata Milla.

Sebelumnya timnas U-23 juga sudah melakoni uji coba internasional melawan Suriah di Cikarang, Islandia di Jakarta dan Singapura di Singapura. Melawan Suriah, Indonesia kalah tipis 2-3.

Sementara melawan timnas Islandia, yang merupakan salah satu kontestan Piala Dunia 2018, Evan Dimas dan kawan-kawan kalah 1-4. Adapun saat menghadapi Singapura, tim Garuda menang meyakinkan 3-0.

Turnamen PSSI Anniversary Cup 2018 sekaligus menjadi test event Asian Games dimana Indonesia bertindak sebagai tuan rumah. Turnamen Anniversary Cup akan dilaksanakan di Stadion Pakansari Cibinong, Bogor, yang merupakan satu dari empat stadion yang akan dipakai dalam pelaksanaan Asian Games nanti. Tiga stadion lainnya, yakni Patriot Bekasi, Wibawa Mukti Cikarang dan Si Jalak Harupat Bandung.

Pada partai pembuka, tanggal 27 April, Uzbekistan akan meladeni Korea Utara. Sementara pada laga kedua menampilkan tim Indonesia melawan Bahrain. Selanjutnya pada partai kedua yang digelar hari Senin 30 April, Bahrain akan mengawali pertandingan melawan Uzbekistan. Adapun Indonesia menantang Korea Utara.

Pada partai terakhir, tanggal 3 Mei 2018, Bahrain akan bertarung melawan Korea Utara. Sementara Indonesia menghadapi Uzbekistan. Juara dari turnamen ini adalah tim yang mengoleksi poin tertinggi dari tiga laga yang dimainkan.

Jadwal PSSI Anniversary Cup 2018 :

Jumat 27 April 2018:

16.00 WIB: Uzbekistan vs Korea Utara

19.30 WIB: Indonesia vs Bahrain

Senin 30 April 2018

16.00 WIB: Bahrain vs Uzbekistan

19.30 WIB: Indonesia vs Korea Utara

Kamis 3 Mei 2018:

16.00 WIB: Korea Utara vs Bahrain

19.30 WIB: Indonesia vs Uzbekistan.***