PALAS - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Padang Lawas terus melakukan pemantauan dan memberikan informasi kepada seluruh warga, khususnya yang berada di wilayah rawan terjadi bencana, baik longsor ataupun banjir. Hal tersebut disampaikan Kepala BPBD Kabupaten Palas, H.M.Hamka Harahap menyikapi cuaca ekstrim saat ini yang kondisinya tidak menentu, Minggu (15/4/2018).

“Tim BPBD selalu melakukan pemantauan, sebab cuaca ekstrim saat ini sampai pekan depan masih akan melanda wilayah Sumut, khususnya Kabupaten Palas,” ungkapnya.

Dia mengimbau, warga yang berada di bantaran sungai dan wilayah rawan longsor agar tetap selalu waspada dari ancaman bencana alam.

“Curah hujan secara tiba-tiba, tanpa terduga dengan intensitas tinggi, dikhawatirkan dapat menimbulkan dampak kebajiran ditambah aliran sungai akan meluap tinggi," ungkapnya.

Dia meminta kepada warga untuk meningkatkan kegiatan gotong-royong membersikan selokan dari sampah.

"Bagi warga yang bermukim di kawasan bantaran sungai dan rawan longsor seperti daerah Kecamatan Sosopan dan Kecamatan Barumun, agar dapat melaporkan setiap kejadian ke BPBD degan cepat dan tanggap," imbuhnya.