PALAS - Kesederhanaan dan keramahtamahan Cabup H. Ali Sutan Harahap (TSO) menjadi faktor penting pendorong tingkat elektabilitas yang disenangi masyarakat Kabupaten Padang Lawas(Palas). Figur Tongku Sutan Oloan (TSO) ini menempatkan warna tersendiri dalam ranah politik pemilihan Bupati-Wakil Bupati Kabupaten Palas 2018. Sebab, inilah menjadikan H. Ali Sutan Harahap mendapat julukan di masyarakat dengan istilah Teman Semua Orang (TSO).

"Diakui kesederhanaan dengan penampilan merakyat dan keramahtamahan TSO inilah yang melekat di hati masyarakat dan cukup diterima di semua lapisan masyarakat, mulai dari tingkat pelosok desa sampai kecamatan," kata Tokoh masyarakat Kecamatan Sosopan, H. Lokot Nasution, Sabtu (14/4/2018).

Sesuai hasil survei yang dilakukan di Kecamatan Sosopan dan Ulu Barumun sebagai random sampling, ternyata elektabilitas TSO masih teruji dengan posisi tertinggi.

Di sisi lain, Wakil Ketua Pemuda Muslim Sumut, Solihan Hasibuan mengakui, peluang TSO terbuka lebar untuk meraih kemenangan kembali di Pilkada Kabupaten Palas.

Menurut dia, kiprah TSO selama memimpin Pemerintahan Kabupaten Palas, banyak diapresiasi masyarakat. Sebab, banyak terobosan yang dilakukannya untuk kepentingan pembangunan kemajuan daerah, seperti Jalan Tembus Hapung-Madina dan PSDKU IPB serta kepedulian terhadap kemaslahatan masyarakat.

"Hasil penilaian masyarakat dan aspirasi publik, masih mengakui bahwa elektabilitas TSO cukup baik sebagai calon Bupati yang disenangi masyarakat," tandasnya.

Solihan berpendapat, melihat persepsi publik terhadap kesesuaian calon Bupati, masyarakat punya bayangan ideal tentang calon pemimpin mereka dengan mengidolakan figur yang memiliki kecocokan untuk dipilih.

Di tahun ranah politik, sambung dia, paling menarik adalah penilaian publik tentang siapa yang paling pantas menjadi pemimpin di daerah ini. Terbukti, nama TSO muncul sebagai kandidat yang banyak didukung masyarakat.

"Hasil ini menunjukkan, masyarakat masih berharap bahwa pasangan TSO-Zarnawi (layak) melanjutkan kepemimpinan dua priode. Posisi kedua calon petahana ini mendapatkan dukungan cukup besar dari masyatakat lapisan bawah dan menengah," bebernya.

Masyarakat berasumsi, lebih baik memberikan amanah kepada TSO-Zarnawi untuk melanjutkan program pembangunan Kabupaten Palas, daripada memilih pemimpin baru yang mengawali kepemimpinan.