LABUHANBATU - Perkemahan Penggalang Ramu bertujuan menciptakan tumbuhnya kader sehat dengan jiwa kepemimpinan andal, tangguh dan terpercaya untuk persiapan membangun jiwa dan raga demi kepentingan masyarakat dan bangsa. Demikian disampaikan Dandim 0209/LB yang juga sebagai Kamabisaka Wira Kartika, Letkol CZi Denden Sumarlin pada pembukaan Perkemahan Giat Prestasi Penggalang Ramu tingkat SD/MI se-Kwarran Bilah Barat, Jumat (13/4/2018) di Lapangan Emplasmen PTPN3 Rantauprapat.

Dandim berharap, perkemahan ini mampu mengembangkan karakter anak usia 11-13 tahun dalam penempahan sejak dini yang memang membutuhkan kerja keras, kerjasama dan saling menguatkan demi terwujudnya tujuan Gerakan Pramuka.

"Seperti tertuang dalam AD/ART Gerakan Pramuka tahun 2013, yang bertujuan membentuk kepribadian beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa," kata Denden.

Sejalan dengan tema santun, ceria dan berbudi, pelaksanaan perkemahan ini diharapkan dapat berlangsung dengan gembira, menjalin persahabatan yang kokoh, beranjangsana ke setiap Gudep sambil mencari kelebihan masing-masing untuk penguatan pada ujung tombak Pramuka.

Kepada Pembina dan Pembimbing diimbau memakai pola welas asih yang berpedoman pada sistem among agar terwujud Gudep baik dan berprestasi dibarengi pertandingan jujur, penuh persaudaraan dengan tidak melupakan koordinasi kepada Kamabigus.

"Kepada adik-adik saya ingatkan dan berpesan, menjadi Gudep berprestasi adalah baik, namun ingatlah menjadi Gudep baik adalah sebuah prestasi. Terima kasih kepada semua pelaksana maupun orangtua peserta didik," ujarnya.

Dandim juga berpesan, agar dewan juri dan panitia dapat melaksanakan tugas dengan baik dan adil, jangan merendahkan nilai karena kepentingan sesaat serta menjaga martabat agar saat mengambil keputusan tidak menjadi polemik.

Selain itu lanjut Denden, pasca telah dilakukannya pelantikan antar waktu pengurus Kwarran 01 Bilah Barat, maka diharapkan dapat menjalankan tugas dan fungsi masing-masing dengan penuh tanggungjawab dan menjunjung tinggi kode kehormatan Gerakan Pramuka yakni Tri Satya dan Dasa Darma.

Sebelumnya, Ketua Panitia, Hendra Pandapotan melaporkan, peserta sebanyak 750 terdiri 375 putra dan 375 putri serta diikuti seluruh Gudep se-Bilah Barat.