PALAS - Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Padang Lawas menggelar rapat kerja teknis (Rakernis) persiapan pengawasan tahapan kampanye Pilgubsu-Pilbup 2018, Kamis (12/4/2018) di Aula Hotel Barumun. Rakernis ini sekaligus pengukuhan panwascam pemilu 2019 yang dihadiri seluruh Panwascam dan 297 anggota pengawasan pemilihan lapangan (PPL) se-Kabupaten Palas.

Ketua Panwaslih Abdul Rahman Daulay didampingi komisioner Irham Habibi Harahap dan Ahmad Faisal Nasution menyampaikan, rakernis ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada seluruh Panwascam dan PPL desa se-Kabupaten Palas berkaitan dengan tahapan kampanye Pilgubsu-Pilbup 2018.

Tahapan kampanye sudah dimulai dari 15 Februari 2018. Untuk itu, Panwascam diberikan materi berkaitan dengan tahapan kampanye tersebut meliputi metode kampanye, larangan kampanye dan bahan kampanye yang disampaikan pasangan calon nanti.

"Saya harapkan ilmu yang didapat di rakernis ini nanti dapat dimaksimalkan di kecamatan masing-masing, demi untuk menciptakan Pemilu yang bersih," kata Rahman Daulay.

Dikatakan, dalam penyelenggaran pengawasan Pilgub dan Pilbup masih banyak terkendala laporan.

"Saya berharap peranan pengawasan dapat berjalan baik baik terkait jadwal kampanye paslon," katanya.

"Kita tetap harus mengawasi tahapan kampanye, dan saya berharap kepada PPL agar lebih berkoordinasi di desa agar menjaga tidak ada selisih paham," timpalnya.

Dia menekankan agar seluruh jajaran Panwaslih, Panwascam serta PPL harus menjadi garda terdepan dalam mengawasi tiga hal yakni berita hoax, anti SARA dan politik uang.