PALAS - Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Padang Lawas menggelar kegiatan Gladian Pimpinan Regu (Pinru) dan Pimpinan Satuan (Pinsa) Gugus Depan (Gudep), Jumat (13/4/2018) di Ponpes Mutarriyah Sibuhuan, Kecamatan Barumun. "Kegiatan Gladian Pinru dan Pinsa ini adalah suatu orientasi kepramukaan dasar yang diadakan dengan tujuan untuk memberikan latihan praktis kepada para pimpinan regu dan Satuan," kata Waka Bina Muda Kwarcab Pramuka Palas Rusiyanto.

Rusiyanto meminta kepada pinru dan pinsa dapat mengatur dan menggelola regu masing-masing penerapan pola kepemimpinan untuk pembinaan lomba kerjasama yang baik dan kompak dalam pasukan.

Disebutkannya, kegiatan gladian Pinru dan Pinsa merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan di masing-masing Kwaran. Materi yang diberikan yakni sistem beregu, teknik kepramukaan, Persatuan Baris Berbaris (PBB) serta keterampilan kepramukaan.

"Kami berharap, seluruh peserta dapat mengikutinya dengan baik dan dapat mengimplementasikan Trisatya dan Dharma Pramuka dalam kehidupan sehari-hari," tambah Waka Bina Muda Kwarcab Pramuka Palas.

Sementara itu, Aman Harahap, andalan penegak dan Ikhwan Siegar bidang hukum serta Gadombang Hasibuan mengatakan, Gladian Pinru dan Gladian Pinsa ini dilaksanakan selama tiga hari yang dimulai Jumat-Minggu (15/4/2018).

"Kegiatan ini agenda rutin setiap tahun di 12 kwarran yang ada di Palas, "kata Aman.

Peserta dalam kegiatan, kata dia, seluruh pramuka penggalang tingkat SMP sederajat serta Penegak tingkat SMA sederajat ditambah TC yang ada di Palas dengan jumlah 150 anggota pramuka.

"Masing-masing Gugus Depan mengirimkan 2 anggota peserta," tandasnya.