LABURA - Sebagai langkah dan upaya Komunikasi Intelijen Daerah (Kominda), Kodim 0209/LB menghadiri Rapat Koordinasi Terpadu Tim Penanggulangan Konflik Sosial Tim Saber Pungli dan Timpora, Kamis (12/4/2018) di Aula Serbaguna Kantor Bupati Labura. Dalam sambutannya, Ketua Tim Pora Labura Mayor Inf Tamren Hasibuan menyampaikan, seluruh instansi harus menekankan sikap netralitas pada Pelaksanaan Pilgubsu 2018 mendatang.

"Kita harus netral pada Pilgubsu, demikian juga harus tetap konsentrasi dalam penanggulangan narkoba," ujar Danramil 01/Aek Kanopan ini.

Disamping itu, dia meminta untuk terus mengupayakan antisipasi penumpukan barang-barang dan penjualan pupuk bersubsidi yang tidak tepat sasaran.

"Diharapkan kepada instansi terkait terlebih kepada Tim Pora, untuk mewaspadai imigrasi secara ilegal yang masuk Ke daerah Kabupaten Labura khususnya," tegasnya.

Dalam rangka sinergitas untuk memelihara persatuan dan kesatuan bangsa tersebut, Ketua Kominda Labura, AKP Frans Simanjuntak memaparkan beberapa kondisi yang mesti diantisipasi secara serius.

"Kondisi itu berupa masalah politik. Dimana, aparat sipil dan instansi negara tidak boleh memihak kepada salah satu paslon pada Pilgubsu Juni 2018 mendatang, dengan cara harus mematuhi aturan yang sudah ditentukan KPU," jelasnya.

"Peraturan dari KPU, ada beberapa tempat yang tidak boleh digunakan untuk kampanye, seperti rumah sakit, tempat ibadah serta lokasi lainnya," timpalnya.

Lebih jauh, Kasat Intelkam Polres Labuhanbatu ini menguraikan, terhadap permasalahan ekonomi, dengan memonitor perdagangan yang tidak sesuai dengan aturan yang sudah ditentukan, seperti beredarnya penjualan elpiji yang tidak memenuhi standar.

Menyikapi masalah keamanan, dia juga mengimbau agar seluruh jajaran dapat menekan peredaran narkoba yang cukup meresahkan di masyarakat. Begitu juga dengan praktik perjudian.

"Terlebih, dengan faktor sosial budaya, diharapkan tidak adanya aksi razia/sweeping dari ormas-ormas tertentu yang dapat menyebabkan masalah di lapangan," urainya.

Pada kesempatan itu, tampak hadir Kaban Kesbang Pol Kabupaten Labura, Endar Sakti Hasibuan, Wakapolres Labuhanbatu, Kompol Adi Candra, Kajari diwakili Naharuddin Rambe, Pasi Intel Kodim 0209/LB Kapten Inf Agus Daulay, Jajaran Danramil dan Kapolsek, Danki Senapan C Yonif 126/KC Kapten Inf J. Sembiring, serta unsur Kominda Dan Tim Saber Labura.