MOJOKERTO - Letkol Inf Abdon Herry Vorco Tampilang dari Dinas Penerangan TNI AD (Dispenad) bersama wartawan harian Tempo, Mila Novita dan Aryus Prabowodewo, mengunjungi Makorem 082/CPYJ dan disambut Danrem 082 Kolonel Arm Budi Suwanto. Kunjungan ini tidak lepas dari tujuan semula untuk melihat langsung Sentra Pertanian Padi Terpadu (SP3T) Korem 082/CPYJ, Selasa (10/04/2018).

Tak berlangsung lama, Letkol Inf Abdon Herry Vorco Tampilang, Mila Novita dan Aryus Prabowodewo bertolak menuju Desa Denanyar Kecamatan Kota Kabupaten Jombang. Di mana, di lokasi inilah SP3T Korem 082/CPYJ berada.

"Maksud kedatangan kami ke SP3T Korem 082 bersama teman-teman dari Tempo adalah untuk menginformasikan ke publik tentang keberadaan SP3T dan manfaatnya bagi masyarakat maupun menyukseskan program ketahanan pangan nasional,” ungkap Letkol Inf Abdon Herry Vorco Tampilang.

Bersama Direktur SP3T Mayor Inf Iswanto, Kasdim Jombang Mayor Inf Stevie, Bagus dan Nashikin, keduanya dari PT.Biogen, Kepala Dinas Pertanian Jombang Hadi dan Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) setempat, Letkol Inf Abdon Herry Vorco Tampilang melihat secara langsung keberadaan SP3T tersebut.

Di tempat ini, berbagai alsintan (alat mesin pertanian) ditunjukkan, baik fungsi maupun penerapannya di lapangan, dari riceplanter, combine harvester, mesin pengering, mesin penggiling hingga mesin pengemasan.

“Di sini kita bisa melihat langsung proses penyemaian benih dengan mesin, penanaman menggunakan riceplanter, panen menggunakan alat combine harvester, sistem pengeringan manual maupun menggunakan mesin, proses penggilingan gabah menjadi beras hingga pengemasan untuk siap dipasarkan ke pasar maupun ke Bulog,” jelas Mayor Inf Iswanto.