PALAS - Sebanyak 2.090 siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah di Kabupaten Padang Lawas, Senin (9/4/2018) pagi mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Pantauan di sejumlah sekolah SMA dan MA penyelenggara UNBK seperti SMAN 1 Barumun dan MAN 1 Sibuhuan, pelaksanaan UNBK berjalan lancar.

Kepala SMA Negeri Barumun, Ikhsanul Nasir Hasibuan mengatakan, peserta UNBK di sekolah yang dia pimpin ada sebanyak 212 siswa, termasuk 157 siswa jurusan IPA dan 55 siswa jurusan IPS.

Dalam menghadapi UNBK dan persiapan memasuki perguruan tinggi, pihaknya telah melakukan berbagai kegiatan belajar tambahan. Untuk itu, mereka optimis tingkat kelulusan akan semakin baik.

"Tahun lalu, siswa yang melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi melalui jalur SMPTN sebanyak 125 siswa, berhasil lulus sebanyak 75 siswa," katanya.

Untuk tahun ini, katanya, sudah terdaftar mengikuti SMPTN sebanyak 108 siswa.

"Namun kita optimis yang berhasil lulus akan lebih baik dari tahun lalu," terang Nasir.

Di tempat terpisah, Kepala MAN 1 Padang Lawas, Hj Mahyarni Junida Nasution mengatakan, anak didiknya yang mengikuti UNBK berjumlah 218 siswa.

Sementara itu, Kepala UPT Pendidikan, Juta Lubis yang juga ketua UN Paluta-Palas melalui Sekretaris, Maradoli Hasibuan mengatakan, pelaksanaan UNBK di Kabupaten Palas berjalan baik dan tertib.