MOJOKERTO- Aksi pencurian kota amal Masjid Safi'i di Desa Sooko, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto terekam CCTV.

Aksi pencurian tersebut bukan dilakukan oleh orang dewasa, melainkan oleh seorang anak kecil berjenis kelamin laki-laki.

Salah satu pengurus Masjid Safi'i, Andi Cahyono mengatakan, aksi pencurian tersebut terjadi pada Kamis (5/4/2018) sekira pukul 14.00 WIB.

"Dalam rekaman CCTV telihat ada anak kecil masuk masjid dan mengambil kotak amal masjid," ungkapnya, Jum'at (6/4/2018).

Masih kata Andi, aksi pencurian tersebut terekam CCTV yang dipasang di beberapa sudut masjidm terlihat seorang anak laki-laki yang diperkirakan usia kurang lebih 8 tahun masuk melalui pintu samping saat masjid dalam keadaan sepi dan baru diketahui pada sore hari. 

"Pelaku masuk dari pintu samping kemudian dan mengambil kotak amal masjid yang ada di dalam masjid tepatnya di sebelah pintu keluar masjid. Pelaku mengamati keadaan masjid, mulai kamar mandi hingga tempat wudhu dan saat dirasa aman kemudian dia mengambil kota amal itu," katanya.

Kotak amal tersebut kemudian dibawa ke kamar mandi dan dibongkar dengan cara mencongkel. Pihak masjid tidak berencana melaporkan kejadian tersebut ke pihak kepolisian, namun pihak masjid berharap pelaku datang dan mengakui perbuatannya.

"Kami minta pelaku segera menyerahkan diri dan pihak masjid tidak akan melaporkan kejadian ini kepada pihak kepolisan. Kami justru akan memberikan pembinaan serta memberikan bea siswa sekolah gratis. Kejadian pencurian kotak amal sudah empat kali ini tapi sebelumnya tidak ada CCTV jadi tidak terekam pelakunya," jelasnya.***