PALAS - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Padang Lawas bekerjasama dengan Lembaga Palatih Olimpiade Sains Indonesia (POSI) Medan menggelar pelatihan Olimpiade Sains (OSN) tingkat SMP Tahun 2018, Kamis (5/4/2018) di Hotel Syamsiah Sibuhuan. Kegiatan yang berlangsung selama lima hari dimulai Selasa sampai Kamis tadi dibuka secara resmi Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Palas Zufri Nasution, dan Kabid Dikdasmen M. Rasyidi Hasibuan.

Tampak hadir Kepala Seksi Bidang Dikdasmen serta para Kepala SMP se-Kabupaten Palas dan para guru-guru utusan sekolah

Kabid Dikdasmen M. Rasyidi Hasibuan mengatakan, pelatihan ini bertujuan sebagai persiapan sekaligus pembinaan bagi para pemenang OSN SMP Tingkat Kabupaten Palas.

Sebelumnya Disdikbud Palas, telah melaksanakan seleksi OSN SMP secara serentak di seluruh Indonesia di bulan Maret lalu.

"Kegiatan ini juga bertujuan sebagai persiapan dalam menghadapi seleksi OSN SMP Tingkat Provinsi Sumatera Utara yang akan diselenggarakan pada 21 April 2018 mendatang di Medan," terangnya.

Peserta pelatihan OSN SMP ini diikuti sebanyak 15 siswa yang merupakan pemenang lima besar dari masing-masing Bidang study matematika, IPA dan IPS.

"Para peserta pelatihan ini akan dikarantina selama 5 hari ke depan dengan menerapkan pola pelatihan 40 jam," ungkapnya.

Untuk pelatih, imbuhnya, pihaknya mendatangkan pelatih dari Jawa yang merupakan orang-orang yang sudah pernah meraih medali OSN tingkat nasional.