PANGKALANSUSU - Ratusan masyarakat Pulau Kampai, Kecamatan Pangkalan Susu, Langkat antusias menyambut kehadiran calon Gubernur Sumut Datok Laksamana Nara Diraja Edy Rahmayadi beserta istri Nawal Lubis dan rombongan di Lapangan Sepak Bola Desa Pulau Kampai, Sabtu (31/03/2018). Setelah menempuh perjalan selama kurang lebih setengah jam dengan menggunakan Kapal motor dari Pelabuhan Pangkalan Susu mantan Pangkostrad ini disambut dengan tarian persembahan dan tarian Mainang Pulau Kampai. Turut mendampingi Edy Rahmayadi tokoh masyarakat Prof Djohar Arifin.

Hadir dalam silaturahmi tersebut tokoh adat dan tokoh masyarakat diantaranya Datok Pulau Kampai OK Ubaydilah Indra, Tengku Candra Hadi, Tengku Afif dan Ok M Yusuf.

Dalam kesempatan tersebut, Edy Rahmayadi menegaskan, kalau Provinsi Sumut tidak hanya kaya akan hasil bumi perkebunannya, namun juga kaya akan hasil lautnya. Begitupun, imbuh Edy, sangat disayangkan kekayaan alam yang berlimpah tersebut belum mampu mengangkat kesejahteraan masyarakatnya. Seperti halnya masyarakat di pulau Kampai, menurut Edy perlu mendapatkan perhatian serius pemerintah. Apalagi sebagai daerah yang dulunya menjadi daerah transit kesultanan Malaka, kondisi masih tertinggal dari daerah lain. Selain persoalan infstruktur, dan pendidikan, kesejahteraan nelayannya juga patut menjadi perhatian.

Sebagai daerah yang diakui Edy memiliki kedekatan emosional baginya, Edy pun berarap generasi muda di Pulau Kampai mendapatkan fasilitas pendidikan yang nantinya bisa menjadi modal untuk pembangunan di daerahnya. Oleh karenanya Edy menilai bahwa Sumatera Utara memerlukan SMK Kelautan atau Kemarutiman. Termasuk juga di Pulai Kampai.

"Di sini saya dengar ada SMK tapi jurusannya Otomotif dan pemasaran. Kenapa tidak ada jurusan maritim atau perikanan karena lebih sesuai. Jadi setelah tamat mereka bisa mengaplikasikan keilmuannya untuk membangun desanya dan termasuk juga mengangkat kesejahteraan para nelayan setempat. Termasul juga daerah-daerah Provinsi Sumut yang meniliki laut perlu adanya SMK Maritim atau Perikanan," tegas Edy.

Dalam kesempatan itu Edy juga mengajak masyarakat agar memiliki motivasi yang tinggi untuk memperbaiki kesejahteraannya. Karena tanpa adanya kemauan untuk berubah lebih baik, apapapun program pemerintah akan Sia-sia.

"Sebagai orang Melayu saya tidak suka mendengar kalau orang Melayu dibilang pemalas. Untuk itu mari kita buktikan kalau orang Melayu memiliki keinginan yang tinggi untuk maju. Insyallah kehadiran saya akan membuat manfaat buat masyarakat," ujarnya lagi.

Sebelumnya mewakili Tokoh masyarakat setempat Datok OK Ubaydillah menyambut baik kehadiran Calon Gubernur Datok Laksamana Nara Diraja Edy Rahmayadi. Ok Ubaydillah pun berharap Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (Eramas) mampu membawa Sumut bermartabat.

"Mari kita doakan semoga Eramas dimudahkan jalannya untuk memimpin Sumut," ujarnya.

Usai menggelar silaturahmi di Lapangan Bola selanjutnya Edy Rahmayadi bersama masyarakat makan siang bersama di Pantai Berawe.