LABUHANBATU - Demi meningkatkan kemampuan dalam pelayanan KB terhadap masyarakat Labuhanbatu, BKKBN Labuhanbatu mengikuti pelatihan tim peningkatan kualitas rantai pasok yang diadakan selama tiga hari dimulai 27-29 Maret 2018 di kantor DPPKB oleh BKKBN Sumut, Kamis (29/3/2018). Dalam pelatihan tersebut, menurut Kepala BKKBN Labuhanbatu Lidyawati melalui Kabid Keluarga Berencana Nurhety Lumban Tobing, Kabupaten Labuhanbatu adalah salah satu kabupaten yang terpilih menjadi program Pilihanku di Provinsi Sumatera Utara.

"Ya dalam kesempatan kali ini Kabupaten Labuhanbatu terpilih menjadi kabupaten program pilihanku di tingkat Provinsi Sumut. Ini membuktikan Kabupaten Labuhanbatu masih menjadi perhatian pemerintah provinsi," jelasnya.

Nurhety juga menjelaskan tujuan dari pelatihan tersebut. "Adapun tujuan kita mengikuti pelatihan ini adalah untuk meningkatkan CPR hingga 5% melalui penguatan beberapa komponen yang mendukung program secara keseluruhan dengan adanya penguatan faskes untuk KB pasca persalinan, KIE, dan penguatan manajemen pengelolaan alkon," ujar kabid KB tersebut.

Dikatakan Nurhety, pelatihan ini juga untuk mengetahui managemen inventaris kontrasepsi, sehingga peserta mampu mendesain sistem pengendali stok minimal dan maksimal berdasarkan data konsumsi.

"Saya berharap semoga hasil dari pelatihan ini dapat dilaksanakan sesuai prosedur, terbangun kapasitas fasyankes untuk melakukan pencatatan logistik yang akurat dan penguatan kualitas pelaporan dan ketepatan waktu serta mengembangkan mekanisme bimtek ke fasyankes," papar nurhety.