GALANG - Masyarakat Kabupaten Deliserdang memastikan hanya ada satu pilihan untuk Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara. Yakni, putra daerah, Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah. "Cuma satu pasangan ini saja pilihan kami. Putra asli lahir dan besar di Sumut. Kami bukan melarang orang daerah lain ke sini, tapi tidak mungkin hatinya ada di sini. Apalagi membangun Sumut," kata Nurdin Barus, Koordinator Abang Becak Galang Kota, saat bersilaturahim dengan Cawagubsu Musa Rajekshah, Kamis (29/3/2018).

Nurdin mengatakan, masyarakat Sumut yang sudah cerdas dan bersatu, harus menggunakan hati nurani dalam menghadapi Pilgubsu 2018 dan Pilkada di kab/kota. Dia menyampaikan analogi tentang dirinya, yang disebutnya dengan judul Omong Kosong.

"Omong kosong, kalau saya datang dan bilang ke orang Surabaya, saya mau bangun Surabaya. Omong kosong karena, saya pun tak pernah ke sana sebelumnya," ujar Barus.

Ucapan Barus ini disambut tepuk tangan warga yang hadir. Tampak di sana ratusan abang becak, tokoh masyarakat Galang lintas etnis Aliong, Asiong, Arjit Singh dan Syahrul Yunan.

Selanjutnya, Sutrisno, mewakili masyarakat Galang menyampaikan, masyarakat Sumut jangan sampai terbujuk dengan pemberian uang dan iming iming lainnya dalam memilih pemimpin.

"Abang becak jangan terhasut dengan uang. Jangan terbujuk. Kita bisa jadi orang baik karena menjauhkan hal yang salah. Menerima uang politik adalah salah," kata Sutrisno yang juga berprofesi sebagai abang becak.

Dia menambahkan, dalam pilkada, politik uang adalah hal yang sering diarahkan pada kelompok masyarakat seperti mereka. "Makanya saya bilang jangan terbujuk. Ini memilih pemimpin. Bukan memilih uang," katanya.

Asiong, tokoh masyarakat Galang, menambahkan Edy-Ijeck merupakan harapan masyarakat Sumut yang isinya sangat heterogen. Edy adalah prajurit yang sudah teruji nasionalismenya. Sementara Ijeck, adalah orang muda, pengusaha sukses yang dikenal luas dengan aksi-aksi sosialnya.

"Saya juga harus dukung Bang Ijeck. Soalnya dia tetangga abang saya di Cemara," kata Asiong sambil mengangkat jari telunjuknya.

Sementara, Cawagubsu Musa Rajekshah, dalam sambutannya berterimakasih atas dukungan masyarakat itu.

"Tidak dilarang dan tak salah juga, kalau kita punya satu tekad untuk Sumut bermartabat," ujarnya.

Dia pun mengaku bangga bisa bergabung dengan masyarakat Galang. Karena Pilgubsu ini, kata Ijeck, sapaan Musa Rajekshah, semua tempat bisa dikunjungi dan bertemu banyak orang yang jadi keluarga baru.

"Ini adalah berkah dari Allah SWT. Mohon pilihannya. Daerah kita harus lebih baik, masa depan anak anak kita lebih baik. Ekonomi kita meningkat. pendidikan terjamin, lapangan kerja disediakan untuk anak cucu kita," terangnya.